Rakor Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Ini Yang Disampaikan Engkos

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, — Keluarga sebagai benteng terdepan dalam memerangi bahaya narkoba, hal itu disampaikan kepala BNNK Kabupaten Ciamis Engkos Kosidin dalam sambutannya dihadapan peserta Rakor Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, Kamis (23/02/2023).

Bertempat di Ruang Rapat Kantor BNNK Ciamis, rakor diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari tim penggerak PKK kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Ciamis, Dinas Kesehatan, Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR), serta Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya Engkos Kosidin menyampaikan, saat ini narkotika menjadi ancaman bagi bangsa dan negara, maka dari itu penanganannya pun harus dilaksanakan bersama-sama dari segala pihak. Engkos menekankan peran aktif dari pemerintah, stake holder, pihak swasta, serta masyarakat mempunyai andil besar untuk menyelamatkan generasi bangsa.

“Kegiatan ini untuk menguatkan institusi keluarga sebagai benteng terdepan dalam memerangi bahaya narkoba. Keluarga sebagai lembaga internal, berfungsi menjalankan proteksinya secara menyeluruh terhadap anak, agar mampu melindungi anak dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” ucap Engkos.

Lebih lanjut Engkos menuturkan, diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif dalam penanggulangan bahaya narkoba yang meliputi upaya pencegahan serta pemberantasan, hal tersebut untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba. Selain itu bagi yang sudah terpapar penyalahgunaan narkoba, diperlukan adanya rehabilitasi.

“Kuatkan komitmen untuk bersama-sama memerangi narkoba bisa membangun keluarga yang harmonis, sejahtera, sehat, dan terhindar dari masalah narkoba guna mewujudkan Lingkungan keluarga yang bersih narkoba,” imbuhnya.

Senada dengan Engkos, Vera Filinda Agustiana Dewi dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Ciamis mengatakan, keluarga yang harmonis akan memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi berbagai macam dinamika kehidupan. Jika seluruh permasalahan dapat teratasi maka dapat tercipta keluarga yang berkualitas, serta memiliki ketahanan keluarga yang baik.

“Pola asuh dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku menyimpang pada anak, seperti melakukan tindak kriminal serta penyalahgunaan narkoba. Peran keluarga dalam pembentukan karakter atau kepribadian anak sangat penting. Melalui pengasuhan anak yang baik dan benar kemungkinan besar bisa mencegah jumlah anak yang berhadapan dengan hukum yang selalu cenderung meningkat dari tahun ke tahun,” kata Vera.

(Bayu)