oleh

2 Alumni SMKN 2 Ciamis Siap Bekerja di Negeri Sakura

-Ciamis-118 views

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Setelah di nyatakan lolos dalam seleksi bursa kerja, Alumni SMKN 2 Ciamis jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2014/2015 yakni Ahmad Megi Muslim dan Fahmi Abdul Aziz dipastikan berangkat ke Negeri Sakura/Jepang pada pekan depan untuk bekerja di perusahan ternama.

Menurut Megi, sebelumnya Ia telah mengikuti seleksi di Kota Tasikmalaya hingga akhirnya di nyatakan lolos dan siap bekerja di PT Nifco dengan kontrak selama 3 tahun.

“Ini menjadi pengalaman pertama Saya memasuki dunia pekerjaan, apalagi dengan mengambil keputusan untuk bekerja di Jepang selama 3 tahun, tentu Saya harus rela berpisah dengan orang tua untuk sementara waktu. Tetapi Alhamdulillah mereka sangat mendukung terhadap keputusan Saya ini,” jelas Megi, Senin (06/11/17).

Berbeda dengan Fahmi yang sebelumnya pernah bekerja selama 2 tahun di PT Daihatsu yang berada di wilayah Sunter Jakarta.

“Keputusan bekerja di Jepang ini Saya ambil ketika mendapatkan undangan resmi dari PT Daihatsu Motor Corporation Jepang secara langsung, ketika Saya habis masa kontrak di Jakarta.  Namun kontrak Saya kali ini cukup singkat hanya 1 tahun saja,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk berangkat ke Jepang tentunya banyak yang  harus di persiapkan, mulai dari kondisi fisik, kemampuan berbahasa serta mental yang kuat untuk menghadapi kehidupan di Negara orang lain yang sama sekali belum Ia ketahui seperti apa dan bagaimana, namun dirinya memastikan bahwa sudah tidak ada lagi keraguan untuk bekerja di sana.

“Sebelum masuk ke Perusahaan, Saya berasama rekan lain akan belajar terlebih dahulu selama satu bulan untuk pemantapan. Sehingga bagi adik-adik di SMKN 2 Ciamis jika ingin mengikuti jejak Saya bekerja di Jepang harus mempersiapkan diri dari sekarang, tetap semangat dalam belajar karena tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Ciamis Drs. Asep Agus MM mengatakan bahwa sekolah telah memfasilitasi kebutuha siswa setelah lulus, baik itu untuk bekerja ataupun menempuh pendidikan (kuliah) di dalam ataupun di luar negeri.

“Setiap tahun Alumni SMKN 2 Ciamis selalu ada yang berangkat ke Jepang untuk bekerja ataupun kuliah, hal ini karena Kami telah melakukan kerjasama dengan beberapa Perusahaan dan Universitas,” jelasnya.

Apalagi kata Dia, saat ini sekolah telah bekerja sama dengan Okayama institute Of Languages Politeknik  di Jepang, sehingga bagi para Alumni yang ingin melanjutkan pendidikan pendaftarannya sudah di buka sejak 16 Oktober s/d 28 November. Sedangkan untuk di Universitas Jiangsu Agri-animal Husbandry Vocational College Cina di mulai sejak hari ini 06 November 2017.

“Sebagai Kepala Sekolah tentu hal ini menjadi kebanggaan bagi Saya, ini membuktikan bahwa lulusan SMKN 2 Ciamis mampu bersaing di Negara lain, namun jika ada lulusan dari sekolah lain yang ingin bekerja atau kuliah di luar negeri, bagi yang mau akan kami fasilitasi juga” pungkasnya.

Reporter : Lilis Susilawati

Komentar

News Feed