oleh

Unik! Alat Mirip Speaker Ini Bisa Deteksi Tangisan Bayi

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Consumer Electronics Shows (CES) atau pameran teknologi dan elektronik tahunan untuk konsumer kali ini dilaksanakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) tanggal 8-11 Januari 2023. Seperti namanya, ajang ini menampilkan perangkat dengan teknologi mutakhir sekaligus tempat bagi berbagai perusahaan untuk menunjukan teknologi karyanya yang terbilang unik.

Diantara semua teknologi yang ada di CES 2023, ada satu teknologi yang menarik yaitu perangkat yang bisa mengenali arti dari tangisan bayi. Alat itu dinamakan Q-bear.

Q-bear merupakan perangkat buatan perusahaan Taiwan Quantum Music yang dirancang sedemikian rupa sebagai penerjemah tangisan bayi. Untuk itu, Q-bear dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) supaya dapat mengenali tangisan bayi.

“Kami membuat Q-bear untuk membantu orang tua memahami bayi mereka dan memberikan lebih banyak dukungan kepada orang tua dan anak,” ucap Hikari Tsai, CEO Quantum Music, Jumat (6/1/2023).

Sekilas alat ini berbentuk seperti speaker, bulat dan juga memiliki tali penyangga berukuran besar sehingga dapat dipasang di tempat tidur bayi ataupun stoller. Silikon yang melapisi Q-bear membuat permukaannya semakin lembut.

Hanya saja alat ini hanya dapat mendetaksi 4 macam tangisan, seperti lapar, popok kotor, mengantuk dan juga membutuhkan kenyamanan dengan akurasi mencapai 95%. Namun, perusahaan mengklaim bahwa semakin hari kemampuan Q-bear akan meningkat seiring dengan seringnya penggunaan.

Selanjutnya keunggulan Q-bear lainnya adalah bisa merekam tingkat kesehatan, kantuk dan tingkat kenyamanan bayi, merekam suara orang tua dan memutarnya kembali saat diperlukan, memutar lagu pengantar tidur secara otomatis dan juga memberikan penerangan saat malam hari.

Seluruh data yang ada di Q-bear nantinya dapat dilihat pengguna lewat aplikasi Q-bear, termasuk data dari bayi itu sendiri. Jadi orang tua bisa menerima notifikasi lewat aplikasi tersebut.