oleh

Dengar Dentuman, Rumah Yaya Habis Terbakar

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Rumah milik Yaya Kusmayadi (56) warga Dusun Nanggewer RT 04 RW 01 Desa Jelat Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis pada Sabtu (16/10/2021) sekitar pukul 20.00 WIB habis terbakar api.

Dijelaskan Yaya, sebelum kejadian sekitar pukul 20:00 dirinya mendengar suara dentuman keras sebanyak 2x di bagian tengah rumahnya, tetapi ketika dilihat tidak ada apa apa, tidak lama kemudian datanglah Agus memberitahukan bahwa dapur rumahnya sudah terbakar.

“Tadi saya mendengar dentuman keras di ruang tengah begitu dilihat tidak ada hal yang mencurigakan. Saya baru tahu dapur rumah terbakar ketika Agus datang,” katanya.

Karena sebagian dapur rumahnya sudah terbakar api, Yaya dan Agus langsung meminta bantuan kepada masyarakat setempat untuk melakukan pemadaman. Salah seorang warga berinisiatif langsung meminta bantuan kepada UPTD Damkar Ciamis.

“Saya bersama masyarakat bekerja keras memadamkan api yang terus menjalar ke seluruh bagian rumah,” jelas Yaya.

Api yang terus membesar menghanguskan seluruh bangunan rumah dan isinya, api berhasil dipadamkan setelah ada bantuan mobil pemadam kebakaran Kabulaten Ciamis yang datang tepat waktu.

Adapun obyek yang terbakar adalah 1 unit rumah (habis terbakar) dengan luas bangunan : 6×10 m², kerugian diperkirakan sebesar Rp.50 juta, dan penyebab terjadinya kebakaran diperkirakan akibat konsleting listrik (Hubungan Arus Pendek).

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, untuk sementara saya dan keluarga akan tinggal sementara mengungsi ke rumah keluarga terdekat,” ucapnya.

Adapun tindakan yang di lakukan petugas di tempat kejadian adalah melaksanakan pemadaman dengan menggunakan air kolam, observasi terhadap obyek yang terbakar dan memastikan korban dan keluarganya aman

Yaya mengucapkan terima kasih kepada BPBD, Tagana, Babinsa, Babinmas, Aparat Desa, Komunita gaspool dan masyarakat semua atas bantuannya. (**Nank Irawan)

News Feed