oleh

Pemkab Ciamis Serahkan Dana Hibah Untuk PPKMI

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis terhadap peningkatan mutu dan kualitas pendidikan guru Raudatul Atfal (RA) dan Madrasah yang bukan Pegawai Sipil Negara (PNS), Pemkab Ciamis memberikan dana hibah sebesar Rp. 1,4 Milyar, melalui Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis.

Dana hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra kepada Kemenag Ciamis di Ruang Oproom Sekertariat Daerah (Setda) Ciamis, Selasa (02/11/2021). Wabup mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan guru Madrasah (Bukan PNS) yang tergabung dalam Perkumpulan Pendidik dan Kependidikan Madrasah Indonesia (PPKMI) dibawah binaan Kantor Kemenag Ciamis. Dana hibah tersebut akan digunakan untuk program kegiatan workshop peningkatan mutu dan kualitas pendidikan guru RA dan Madrasah.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid 19. Meskipun kita berada ditengah kondisi yang sulit akibat pandemi, tetapi untuk kegiatan keagamaan selalu menjadi prioritas,” katanya.

Dijelaskan Wabup, pandemi Covid-19 telah berdampak pada seluruh sektor kehidupan tidak hanya kesehatan, pendidikan, ekonomi tapi yang lain pun terdampak, termasuk dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis, Provinsi bahkan Nasional.

“Meskipun demikian, Pemkab Ciamis tidak berarti berdiam diri, hari ini akan menyerahkan bantuan pada kemenag dan kemudian dilanjutkan pada PPKMI,” jelasnya.

Wabup berharap bantuan tersebut bisa berbanding lurus dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik itu tenaga pendidik maupun anak didiknya, sehingga bisa betul-betul berkualitas, bermartabat dan berakhlakul karimah, sesuai dengan salah satu Misi Ciamis yaitu meningkatkan kualitas SDM.

“Saya harap pengelolaan bantuan dana hibah tersebut harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ditujukan dan dikelola sesuai dengan sasaran yang telah direncanakan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PPKMI Ciamis Taofik Mansyur mengatakan program peningkatan kualitas guru madrasah, merupakan sinergitas visi misi antara Pemerintah Daerah, Kemenag Ciamis dan PPKMI yang didalamnya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan SDM.

“Kegiatan yang dilaksanakan bagi guru Non PNS di tingkat RA, MI, Mts dan MA ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas, integritas, profesionalitas dan kompetensi pendidik,” ucapnya.

Menurutnya sebanyak 1386 orang terdiri dari guru RA, MI, MTs dan MA akan mengikiti workshop peningkatan mutu, wirkshop tersebut rencananya akan dibagi ke dalam 14 kelas di 14 titik lokasi. Adapun untuk pelaksanaanya dengan cara tatap muka terbatas juga secara online atau zoom meeting. (Nank Irawan**)

News Feed