oleh

KPU Kota Banjar Sosialisikan Siacba ke Masyarakat

Buletin Indonesia News.com

BANJAR, — Sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan aplikasi berbasis website atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siacba) digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Banjar di Aula Toserba Padjajaran Kota Banjar.

Siakba ini merupakan pendaftaran adhoc melalui aplikasi yang bertujuan agar masyarakat yang ikut mendaftar menerima informasi awal untuk menjadi anggota Badan Adhoc atau PPK dan PPS.

Komisioner KPU Kota Banjar Divisi Perencanaan Data dan Informasi Mujiono, S.Pd.I menjabarkan bahwa sosialisasi ini bertujuan menyampaikan informasi tentang proses pendaftaran Badan Adhoc berbasis aplikasi.

“Ini disampaikan karena penggunaan aplikasi merupakan inovasi baru yang diterapkan dalam pendaftaran Badan Adhoc,” jelasnya saat ditemui usai kegiatan, Kamis (17/11/2022).

Mujiono menjabarkan pada tahun 2024 pendaftaran peserta menjadi Badan Adhoc dilaksanakan berbasis aplikasi. Tujuannya agar peserta yang sudah mendaftarkan melalui Aplikasi ini bisa menerima informasi awal.

“Pendaftaran Badan Adhoc ini nanti untuk memenuhi kebutuhan Anggota PPK dan PPS,” imbuhnya.

Kebutuhan untuk PPK tiap kecamatan sebanyak 5 orang Sedangkan untuk PPS masing-masing desa/kelurahan sebanyak 3 orang.

“Kebutuhan PPK sebanyak 5 orang tiap kecamatan dan PPS 3 orang tiap desa/kelurahan,” terang Mujiono.

Adapun terkait persyaratan untuk menjadi Badan Adhoc dalam hal ini PPK dan PPS yakni minimal berusia 17 tahun dan harus memiliki spirit tinggi dalam pelaksanaan tahapan Pemilu.

“Pendaftaran melalui aplikasi ini nantinya para peserta yang ingin menjadi Badan Adhoc diminta untuk membuat akun, login, mengisi persyaratan secara manual hingga input data,” katanya.

Untuk pendaftaran, Mujiono menyebut pihaknya masih menunggu juknis dari Pusat. Sementara untuk tanggal pendaftaran berdasarkan informasi terakhir dimulai dari tanggal 20 November 2022.

“Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 20 November 2022, namun kami masih menunggu juknis. Untuk PPK pada bulan November 2022 ini. Sementara untuk PPS nanti setelah PPK,” katanya.

(Bayu)