oleh

Progres Belum Selesai, Bendungan Leuwikeris Jebol

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, — Bendungan Leuwikeris yang masih dibangun terpantau jebol, Senin (12/09/22). Sebelum jebol, kawasan bendungan yang berada di wilayah sekitar Ciamis, Tasikmalaya dan Kota Banjar ini sempat diguyur hujan sehingga diduga tidak kuat menahan debit air sungai Citanduy.

Foto : Tanggul yang jebol

Diketahui, konstruksi Bendungan Leuwikeris yang mulai dikerjakan 2016 lalu melalui lima paket pekerjaan, yakni Paket I dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan – PT Bahagia Bangun Nusa (KSO) untuk konstruksi tubuh bendungan utama (main dam), temporary cofferdam, dan fasilitas umum dengan progres fisik 60,74% hingga 22 Maret 2022.

Paket II oleh PT  Waskita Karya – PT Adhi Karya (KSO) untuk galian bangunan pelimpah (spillway) dengan progres selesai 100%. Kemudian, paket III dikerjakan oleh PT Hutama Karya untuk pekerjaan terowongan pengelak (tunnel diversion), pembangunan jalan akses, dan Jembatan Citanduy dengan progres selesai 100%.

Paket IV berupa pembetonan spillway,  pekerjaan electrical dan hydromechanical, perkerasan jalan akses, dan pembangunan Jembatan Cihapitan oleh PT Waskita Karya – PT Hutama Karya – PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) dengan progres 99,56%.

Baca selengkapnya : Ancaman Dini Bendungan Leuwikeris, Aktivis Lingkungan Minta Proyek Tersebut Diaudit dan Dikaji Ulang

Terakhir, paket V dikerjakan oleh PT Waskita Karya – PT Adhi Karya (KSO) berupa pembetonan terowongan pengelak, pembetonan bangunan pengambilan (inlet dan outlet), penggalian shaft intake, dan pembangunan Jembatan Cikembang dengan progres selesai 100%.

Progres pekerjaan gabungan pembangunan Bendungan Leuwikeris untuk paket I hingga paket V mencapai 87,24% dengan target selesai tahun 2023.

Hingga berita peristiwa ini diturunkan, Redaksi belum mendapat tanggapan atau assesment dari pihak BBWS Citanduy, dan akan melakukan konfirmasi untuk berita selanjutnya. (**Agus Firman)