oleh

Demo BBM di Patung Kuda, Jalan Menuju Istana Akan Ditutup Pukul 10:00

Buletin Indonesia News.com

Jakarta, — Polisi telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk antisipasi aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang kembali digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya bakal melakukan penutupan ruas jalan menuju Istana Negara dan sekitar Monas. Penutupan akan dilakukan mulai pukul 10.00 WIB.

“Alih arus dilaksanakan hari Selasa, 13 September, mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai,” kata Latif, Selasa (13/9/2022).

Lewat akun @TMCPoldaMetro, polisi bakal menutup ruas Jalan Medan Merdeka Barat hari ini mulai pukul 10.00 WIB. Jalan Medan Merdeka Utara pun akan ditutup kepolisian selama demo berlangsung.

“Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira,” katanya.

Lebih lanjut Latif mengatakan rekayasa lalu lintas bakal ditetapkan hingga demonstrasi di Patung Kuda selesai hari ini.

“Bagi masyarakat yang menuju sekitar Istana Negara diharapkan agar mencari jalan alternatif lain,” ucap Latif.

Rekayasa Lalu Lintas Imbas Demo di Patung Kuda:
1. Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan
2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira
3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto
4. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu

Aksi massa menolak kenaikan BBM masih berlanjut. Hari ini sejumlah elemen dari buruh dan mahasiswa bakal menggelar demonstrasi di Jakarta Pusat.

Titik kumpul di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Setidaknya ada tiga elemen massa yang akan menggelar unjuk rasa di Patung Kuda hari ini.

“Total massa 1.900 orang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Selasa (13/9/2022).

Salah satu elemen massa di Patung Kuda hari ini berasal dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak). Ada 1.000 massa dari elemen Gebrak yang bakal memadati Patung Kuda.

Selain itu massa buruh dari Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) juga turut mengikuti aksi di Patung Kuda. Namun, KPBI bakal menggelar aksi unjuk rasa terlebih dahulu di Gedung Kemenaker.