oleh

Yuk, Simak Beberapa Manfaat dari Daun Betadine!

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Mengobati luka luar tidak perlu menggunakan obat, kalian hanya perlu menggunakan daun Pohon Betadine.

Kerabat pohon jarak yang memiliki nama latin Jatropha multifida L ini termasuk dalam famili Euphorbiaceae walaupun bentuk daunnya menyerupai daun papaya. Pohon betadine atau pohon yodium ini memiliki berbagai nama di tiap daerah, seperti di Ternate, ada yang menyebutnya Balacai, Jarak Tintir, Jarak Cina, Jarak Gurita (karena bentuk daunnya yang menjari Panjang bak gurita), Miodine di Afrika dan disebut Coral Plant di Inggris.

Lalu kenapa disebut dengan pohon Betadine atau pohon Yodium? Karena getah dari pohon ini sangat ampuh digunakan sebagai anti mikroba terutama untuk pengobatan pada luka terbuka. Dengan menggunakannya waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka luar lebih cepat.

Selain itu tanaman yang satu ini memiliki kandungan alpha amirin, kampesterol, 7-alfa-diol, stigmaterol, beta sistosterol, dan HCN, dibatangnya mengandung alkaloid, flavonoid, dan tannin. Ditilik dari khasiatnya, pohon yodium memiliki zat antibkterial dan penggumpal darah yang berguna sebagai amti pendarahan. Artinya tanaman ini sangat manjur dalam menyembuhkan luka luar.

Bagi kalian yang tertarik memanfaatkan pohon yodium sebagai obat herbal, caranya cukup mudah kalian hanya cukup memtik selembar daun pohon yodium dan oleskan getah yang keluar dari ujung  batang pada area yang terluka.

Agar lebih afdol, gunakan obat dari daun pohon ini sesering mungkin. Meskipun akan terasa perih, namun dalam beberapa jam kemudian akan terbentuk jaringan kulit baru berwarna hitam yang akan mengindarkan luka terbuka dari kemungkinan terjadi infeksi. Selanjutnya kulit yang berwana hitam itu akan terkelupas, dan kulit tidak akan terkena infeksi. Luka tidak akan sempat berair atau bahkan bernanah dan sembh dalam keadaan kering.

Biasanya, untuk luka kecil cukup satu sampai tiga kali penggunaan, luka akan sembuh dan tidak akan makan waktu sampai seminggu.