oleh

Mantap, Karang Taruna Pramuka Yuda Bangun Masjid Secara Gotong Royong

Mesjid Al Furkon setelah dibangun

Buletin Indonesia News.com

CIAMiS, Jabar — Karang Taruna Pramuka Yuda Desa Beber Kecamatan Cimaragas menggelar acara peresmian mesjid Al Furkon yang berada di RT 7 RW 03 Desa Beber Kecamatan Cimaragas Jumat (30/10/2021) malam.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Desa Beber, Abdul Holik, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cimaragas, Miftah Sofwa, Tokoh Agama setempat, Tokoh Masyarakat, Ketua Karang Taruna Pramuka Yuda, Dani Saputra berserta para pengurus dan anggotanya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cimaragas, Miftah Sofa mengatakan, Mesjid Al Furkon tersebut sebelumnya sudah tidak layak digunakan, selain bangunannya sudah lapuk, atapnya juga sudah pada bolong dan ditutupi pakai spanduk bekas. Atas inisiatif dan keinginan anak-anak Karang Taruna Pramuka Yuda untuk membangun kembali mesjid ini dengan gotong royong.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga terhadap apa yang dilakukan Karang Taruna Pramuka Yuda Desa Beber ini, yang sudah bisa membangun mesjid ini secara gotongroyong,” katanya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cimaragas, Miftah Sofa.

Menurutnya, pembangunan mesjid tersebut dari mulai pembongkaran, membuat pondasi kembali, sampai selesai seperti ini semua dikerjakan anak-anak Karang Taruna, bahkan dalam hal anggarannya.

“Alhamdulillah mesjid yang dulunya terbengkalai ini sekarang sudah bagus, sudah bisa digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan tanpa takut atapnya roboh,” ungkapnya.

Mesjid Al Furkon sebelum dibangun

Miftah juga menjelaskan bahwa saat ini Karang Taruna Kecamatan Cimaragas memiliki berbagai program yang saat ini sudah berjalan, diantaranya program sosial, pendidikan, keagamaan, rutilahu, sarana umum dan program usaha untuk anggotanya.

“Untuk tahun depan kami akan merintis program penanggulangan bang emok/kosipa yang sudah merajalela dan jelas menyengsarakan masyarakat, untuk itu kami mohon doa dan dukungannya,” jelasnya.

Perlu diketahui, Karang Taruna Kecamatan Cimaragas membawahi 5 desa, diantaranya Desa Beber, Desa Cimaragas, Desa Raksabaya, Desa Jayaraksa dan Desa Bojong Malang.

Kepala Desa Beber, Abdul Holik mengungkapkan, bahwa dirinya merasa bangga sangat mengapresiasi kepada anak-anak Karang Taruna Pramuka Yuda yang telah berinisiatif membangun kembali masjid Al Furkon, sehingga dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Atas nama masyarakat Desa Beber, pihaknya mengucapkan terima kasih telah dibangunya kembali masjid Al Furkon, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat untuk beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

“Semoga Allah memberikan pahala yang sebesar-besarnya kepada anak-anak Karang Taruna Desa ini atas segala jerih payah, kebaikan, kepedulian terhadap tempat ibadah ini,” ucapnya.

Karang Taruna harus memilki tujuan yang sama dengan pemerintah desa, yaitu mengatasi berbagai permasalahan sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan pembangunan.

“Kita sebagai pemuda mempunyai peran dan fungsi di tengah-tengah masyarakat, generasi muda harus mampu memberikan kontribusi dalam setiap sisi pembangunan, mulai dari sosial, ekonomi, keagamaan, lingkungan, peningkatan SDM, dan pembangunan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Pramuka Yuda, Dani Saputra menambahkan ide pembangunan kembali mesjid Al Furkon tersebut ketika Ia dan teman-temanya tengah membagikan santunan bagi anak yatim dan jompo kepada masyarakat.

Ketua Karang Taruna Pramuka Yuda, Dani Saputra.

Dia melihat mesjid itu dari dekat ternyata tembok dan atapnya sudah lapuk, “Setelah melihat kondisi mesjid ini saya langsung komunikasi dengan kang Miftah. Alhamdulillah berkat dukungan kang Miftah dan teman-teman di Karang Taruna juga dari komunitas This Family, akhirnya bisa membangun mesjid ini,” jelasnya.

Diceritakan Dani, dari awal pembongkaran sampai selesai dibangun dan diserahkan kepada pihak desa semuanya dikerjakan anak-anak Karang Taruna, semua bekerja siang malam bergotong royong selama dua bulan. Untuk sumber dana, Dani menjelaskan bahwa dana yang dipakai membangun mesjid tersebut berasal dari sumbangan para donatur, baik dalam bentuk uang maupun barang (Material). Total Anggaran untuk pembangunan mesjid tersebut mencapai Rp.40 jutaan.

“Kami berharap dengan dibangunya kembali mesjid ini bisa digunakan masyarakat untuk ibadah dan kegiatan keagamaan. Terima kasih kepada Karang Taruna Kecamatan Cimaragas, This Family yang selalu mensupport dan selalu memberikan motivasi, juga semua pihak yang sudah membantu,” ungkapnya.

Dani berharap, Karang Taruna dapat menjadi pelopor pembangunan di desa dengan memberikan program-program yang inovatif dan solutif, sehingga keberadaanya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membawa desa menjadi lebih unggul dan mandiri. (Nank Irawan**)

News Feed