oleh

I Nyoman Wara dan Johanis Tanak, Disebut Bakal Gantikan Lili Pintauli di KPK

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan dua nama calon Wakil Ketua KPK menggantikan Lili Pintauli. Lili sebelumnya mundur akibat tersandung kasus penerimaan gratifikasi suap. Dua nama itu adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

“Terkait dengan surpres terkait pimpinan KPK, tentu ini menjadi ranah sepenuhnya Presiden dan DPR,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (21/9/2022).

Hal ini selaras dengan ketentuan dan mekanisme KPK yang dimana ketentuan untuk pengusulan dan penunjukkan bukanlah ranah kewenangan dari KPK.

Nama I Nyoman Wara dan Johanis Tanak merupakan lima nama yang gugur saat voting pemilihan pimpinan KPK di Komisi III DPR. Jokowi diketahui dapat mengirimkan nama calon pengganti pimpinan KPK dari para calon yang sempat gugur dipilih.

Berikut ini para calon pimpinan KPK yang gugur dalam voting Komisi III DPR tahun 2019 :

1. Sigit Danang Joyo
2. Lutfi Jayadi Kurniawan
3. I Nyoman Wara
4. Johanis Tanak
5. Robby Arya Brata

Diketahui, sebelumnya Mensesneg (Menteri Sekretariat Negara) Pratikno menyebut surpres dari Presiden Jokowi terkait calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli sudah dikirim ke DPR RI.

“Sudah disampaikan ke DPR surpresnya, ada surpresnya sudah disampaikan ke DPR. Sudah semingguan yang lalu” kata Pratikno, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2022).