oleh

Polres Banjar Beserta JaBer Berangkatkan Personel dan Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Buletin Indonesia News.com

Banjar, — Gempa bumi yang terjadi pada hari Senin (21/11/2022) siang di Kabupaten Cianjur mengakibatkan banyak menelan korban jiwa. Berdasarkan informasi sementara ini sekitar 162 orang meninggal dunia, 526 orang korban luka ringan, 350 orang luka berat dan mengakibatkan sekitar 13.784 orang harus mengungsi, serta hampir 2.500 lebih rumah rusak.

Polres Banjar dengan sigap, pada selasa (22/11/2022) langsung memberikan bantuan kepada korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur, dengan memberangkatkan tim kesehatan serta bantuan makanan. Bantuan yang dikirimkan berupa beras sebanyak 1,2 ton, mie instan 80 karton, makanan instan siap digoreng, air mineral dan susu.

Dalam keterangan persnya Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo sesaat sebelum keberangkatan mengatakan, bantuan dari Polres Banjar ini merupakan bentuk kepedulian kepada warga masyarakat korban gempa di wilayah Cianjur. Selain itu pengiriman bantuan juga berdasarkan perintah dari Kapolda yang menginstruksikan kepada seluruh polres di Jawa barat untuk membantu korban gempa di Cianjur.

“Sesuai perintah Kapolda Jawa Barat, bahwa seluruh Polres yang berada di wilayah Jawa Barat untuk memberikan bantuan kepada korban bencana gempa di wilayah Cianjur,” kata Kapolres.

Selain itu Pemerintah Kota Banjar melalui BPBD melepas 8 orang relawan Jabar Bergerak Kota Banjar, para relawan nantinya akan bekerjasama dengan personel Polres Banjar membantu penanganan terhadap korban gempa Cianjur.

Ari Faturrahman, Ketua Jaber (Jabar Bergerak) Kota Banjar saat ditemui awak media mengatakan, pihaknya mengirimkan 8 orang relawan untuk membantu penanganan terhadap korban bencana gempa di Cianjur. Para relawan akan bertugas sampai hari Minggu (27/11).

“Tadi pelepasannya dilakukan Kalak BPBD sebagai perwakilan dari Pemkot Banjar untuk melepas keberangkatan personel kami dengan menggunakan ambulans dan membawa bantuan obat-obatan,” terangnya.

Selain itu, Jabar Bergerak berencana untuk memberikan bantuan logistik lainnya berupa sembako yang saat ini sedang digalang para relawan kepada para Agniya (donatur) yang turut bersimpati terhadap korban gempa tersebut.

“Kami akan mengirimnya hari Sabtu nanti bersama keberangkatan tim dari BPBD,” jelasnya.

Ari mengajak para Agniya yang ingin berpartisipasi membantu korban gempa di Cianjur untuk menghubungi para relawan Jabar Bergerak Kota Banjar yang saat ini sedang menggalang bantuan berupa paket sembako.

(Bayu)