oleh

Bupati membuka Kick Off Meeting Perencanaan Kabupaten Ciamis Tahun 2023

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Perencanaan pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka secara langsung Kick Off Meeting Perencanaan Kabupaten Ciamis Tahun 2023, Rabu (08/12/2021) di Aula Bappeda Ciamis.

Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Kabupaten merupakan tahapan awal dalam penyusunan dokumen perencanaan tahunan kabupaten yang bertujuan untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamos, H. Tatang dan diikuti seluruh Kepala SKPD lingkup Pemkab Ciamis serta para Camat melalui virtual.

“Rencana kerja pemda kabupaten merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten yang mengacu pada rencana kerja pemda provinsi dan pemerintah yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja serta pendanaannya,” katanya.

Dijelaskan Bupati, arah kebijakan pembangunan jangka menengah pada tahun ke 4 sebagaimana dalam dokumen Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024 yaitu memantapkan pengembangan ekonomi secara luas dan menyeluruh dengan memperkuat sinergitas. Arah kebijakan pembangunan tersebut memiliki nilai yang sangat strategis sebagai acuan dalam menentukan prioritas pembangunan Kabupaten Ciamis pada tahun 2023.

“Semua Asosiasi Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis agar dapat meningkatkan kinerja dan disiplin dengan meningkatkan kolaborasi dan sinergitas antar lembaga untuk lebih kreatif dan inovatif,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang sekaligus Ketua penyelenggara menerangkan dasar penyelenggaraan kick off meeting perencanaan Kabupaten tersebut salahsatunya mengacu pada UU No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Menurutnya, tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut untuk menginformasikan agenda pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 dan arah kebijakan dalam penyusunan rancangan awal Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) serta rancangan awal Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2023.

“Saya harap dengan kegiatan ini para peserta dapat memiliki bekal pemahaman untuk mensintesiskan data dan informasi potensi daerah, menganalisis dan menginterpretasikan nya secara terstruktur dalam penyusunan rencana pembangunan daerah,” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed