oleh

Agenda Delegasi KTT G20 Harus Mundur Akibat Rapat G7

Buletin Indonesia News.com

BALI,- Agenda delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 ke Taman Hutan Raya Bali harus mundur dikarenakan adanya rapat darurat yang dilakukan oleh para pemimpin G7.

“Sejauh pengaturan program ada beberapa penyesuaian waktu saja, kita mengikuti memang ada emergency meeting yang dilakukan oleh pihak G7 plus karena itu bagian dinamika yang terjadi pada saat satu konferensi interasional,” ucap Teuku Faizasyah selaku Jubir Kemlu. Dikutip dari Media Center KTT G20 Bali, Rabu (16/11/2022).

Informasi akan mundurnya agenda delegasi G20 ke Bali ini disampaikan oleh Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Jokowi pun mengajak para official media untuk berkeliling menyusuri Tahura sembari menunggu kedatangan para delegasi.

“Ini menunggu delegasi negara, waktunya mundur 1 sampai 1,5 jam. Jadi media official setiap negara ini diajak menunggu di ruang holding,” kata Bey kepada para wartawan.

Pertemuan darurat yang dilakukan di Bali sendiri digelar oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden setelah mendapatan kabar bahwa rudal Rusia jatuh di Polandia yang merupakan sekutu AS.

Dikutip dari Reuters, Rabu (16/11/2022), pihak Gedung Putih mengatakan pertemuan itu diselenggarakan oleh Joe Biden. Sedangkan yang hadir dalam rapat tersebut diantaranya adalah pemimpin Jerman, Kanada, Belanda, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris.

“Pertemuan itu diselenggaraka oleh presiden AS Joe Biden setelah dua orang tewas dalam ledakan di Przewodow, sebuah desa di Polandia timur dekat perbatasan dengan Ukraina,” papar Gedung Putih.

Peristiwa jatuhnya rudal Rusia di Polandia itu menewaskan dua orang. Polandia juga menyatakan bahwa pasukan militernya sudah dalam posisi siap tempur pasca peristiwa tersebut.