oleh

Wabup Ciamis Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Wakil Bupati (Wabup) Ciamis Yana D Putra menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-4 oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai upaya dalam mengendalikan Inflasi Daerah. Senin (14/11/2022).

Pada Rakor yang diikuti oleh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia tersebut, Wabup didampingi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis, Perwakilan Dandim 0613 Ciamis, Asisten Perekonomian dan Pembangunan beserta Kepala OPD terkait lainnya.

Rapat tersebut dilaksanakan secara virtual di Ruang Oproom Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis bersama Wamendagri.

Dalam Rakor tersebut, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menjelaskan bahwa di bulan Oktober tahun 2022, terjadi deflasi 0,11% sehingga secara year on year angka inflasi nasional mengalami kenaikan menjadi 5,71%.

“Oleh karena itu, diharapkan Pemerintah Daerah dapat melakukan langkah yang konkrit dalam pengendalian inflasi di daerah masing-masing,” tuturnya.

John Wempi berkata, pemda harus bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam rangka menetralisirkan harga. John Wempi juga menjelaskan, harga barang pokok ditanggal 11 November berada dalam kondisi stabil.

“Mulai dari tanggal 11 November 2022 terjadi penurunan harga yang signifikan jika dibandingkan pada bulan lalu dan Minggu lalu, kecuali bawang merah dan kedelai,” ucapnya.

Untuk di Ciamis sendiri, keadaan inflasi di Ciamis sampai saat ini masih berada dalam kondisi terkendali, jika dibandingkan dengan keadaan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.