oleh

2,5 Milyar Anggaran EO Opening Ceremony Porprov XIV Jawa Barat Tahun 2022, Diduga Digarap Pengusaha EO Dari Jawa Timur, Bukan Ciamis

Buletin Indonesia News.com
CIAMIS, Jabar —
Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Porprov XIV Jawa Barat Tahun 2022 sekaligus tempat pelaksanaan Opening Ceremony di Stadion Galuh Ciamis yang dilaksanakan Sabtu (12/11/2022) tidak memberikan dampak ekonomi yang positif terutama bagi pelaku usaha Even Organizer (EO) lokal Ciamis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber, anggaran EO dalam pelaksanaan Opening Ceremony Porprov XIV Jawa Barat Tahun 2022 di Stadion Galuh Ciamis sangat fantastis mencapai 2,5 Milyar Rupiah.

Mirisnya, anggaran sebesar itu tidak menjadi peluang bagi pengusaha EO lokal Ciamis, melainkan diberikan kepada pengusaha EO luar Ciamis yang diduga berasal dari Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Kajian Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (FKSPM) Kabupaten Ciamis, Endang Djauhari mengaku prihatin karena EO yang dipakai tidak berdampak positif pada pengusaha EO Lokal. Endang mengatakan, kalau EO lokal yang dipakai, dampak PAD Ciamis akan berdampak positif dari retribusi pajak perusahaan EO Lokal. “Ini justru menjadi peluang PAD daerah lain”, katanya, Rabu (09/11/22).

“Pada kenyataanya perputaran ekonomi di sekitar venue ciamis meningkat mulai dari Pengusaha Kuliner, Homestay sampai perhotelan selama Porprov XIV ini, namun pengusahan EO Lokal harusnya diberdayakan juga, bukan diberikan kepada daerah lain, apalagi Jawa Timur. Saya berharap, tidak ada penggiringan dari pihak-pihak tertentu yang mengarahkan ke pengusaha EO Luar Ciamis demi kepentingan profit kelompok tertentu” Ujar Endang. (Herdi AN)