oleh

Ikuti Jejak Pendiri Microsoft, Inc Reed Hastings Mundur dari CEO Netflix

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,– Inc Reed Hastings, salah satu pendiri Netflix memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO di perusahaan penyedia layanan streaming. Kekosongan itu nantinya akan diisi oleh co-CEO Ted Sarandos dan juga mantan Chief Operating Officer (COO) Greg Peters.

Walau sudah tidak menjabat sebagai CEO, namun Hastings menyebutkan jika dirinya tetap memegang jabatan Executive Chairman di Netflix. Karena menurutnya peran itu sering dipegang oleh beberapa pendiri perusahaan besar seperti Microsoft dan Amazon.

“Ke depan, saya akan menjabat sebagai Ketua Eksekutif, peran yang sering diambil oleh para pendiri (Jeff Bezos, Bill Gates, dan lain-lain),” ujarnya dikutip dari situs resmi Netflix, Jumat (20/1/2023).

Diketahui, Netflix mengalami tekanan pada awal 2022 akibat kehilangan pelanggan. Sahamnya pun turun hampir 38% saat tahun lalu. Walaupun pada paruh kedua 2022 pertumbuhan Netflix sempat terjadi, namun tetap saja terhitung lambat di beberapa tahun terakhir ini.

“2022 adalah tahun yang sulit. Kami yakin kami memiliki jalur yang jelas untuk mempercepat kembali pertumbuhan pendapatan kami,” ucap Netflix kepada pemegang saham, dilansir dari Reuters.

Beberapa tantangan yang didapatkan Hasting sebenarnya berasal dari dirinya sendiri, misalnya rencana dalam mengubah bisnis DVD perusahaan menjadi perusahaan baru bernama Qwikster. Hal itu merugikan perusahaan 800.000 pelanggan dan membuat saham anjlok.

Menurut laporan yang diberikan oleh Netflix, bahwa pihaknya telah kehilangan pelanggan terbesar untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Hal itu membuat Hastings harus mempertimbangkan kembali ide-ide sebelumya yang bisa meningkatkan pertumbuhan, salah satunya adalah layanan dengan versi iklan.