oleh

Idham Holik Sebut Akan Tambahkan SKCK Jadi Syarat Daftar Calon Anggota DPR RI

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,– Baru-baru ini, syarat pendaftaran calon anggota DPR RI tengah menjadi sorotan. Hal ini disebakan isu tentang tidak diwajibkannya calon anggota DPR melampirkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menambahkan SKCK sebagai syarat dokumen pendaftaran calon DPR RI pada pemilu 2024 mendatang. Komisioner KPU RI, Idham Holik mengatakan, bahwa persyaratan ini akan diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, Jumat (09/09/2022).

“KPU akan tetap mensyaratkan SKCK sebagai bagian dari persyaratan pencalonan bakal caleg (calon anggota legislatif),” jelasnya.

Idham menjelaskan, persyaratan pendaftaran calon anggota DPR RI telah diatur dalam undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Memang, UU Pemilu tak mengatur detail tentang kewajiban calon anggota DPR melampirkan SKCK dari polisi. Namun, perihal dokumen SKCK diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota” imbuhnya.

Menurutnya apabila merujuk Pasal 249 Ayat (3) UU Pemilu, KPU berwenang mengatur lebih lanjut proses verifikasi bakal calon anggota DPR melalui PKPU. Maka ketentuan mengenai syarat SKCK akan diatur dalam PKPU tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Ketentuan dalam UU Pemilu dan amar Putusan MK menjadi landasan KPU mengatur syarat SKCK sebagai dokumen pendaftaran calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

“Ketentuan yang terdapat di dalam Pasal 8 Ayat (1) huruf g PKPU Nomor 20 Tahun 2018 dan materi amar Putusan MK Nomor 2/PUU-XX/2022 nanti akan dijadikan materi dalam draf PKPU Pencalonan Anggota Legislatif. Tidak ada perubahan norma, karena Pasal 240 ayat (1) huruf h dan ayat (2) huruf d UU Nomor 7 Tahun 2017 tidak ada peruban,” pungkasnya.