oleh

Hari Olahraga Nasional Diperingati Setiap 9 September, Ini Alasan Dan Sejarahnya

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar– Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) setiap tanggal 9 September, sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), pada penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional tahun ini, menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para pelaku olahraga serta atlet dan pelatih yang berjasa dalam mengharumkan nama bangsa dan negara.

Merujuk pada sejarahnya, Haornas tidak luput dari momen Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta pada 9-12 September 1948. Tujuan peringatan Haornas sendiri untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

PON Surakarta sendiri merupakan kompetisi pengganti bagi atlet-atlet Merah Putih yang tidak bisa mengikuti ajang olahraga akbar Olimpiade XIV 1948 di London, Inggris. Alasannya karena kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diakui oleh dunia serta paspor Indonesia juga tidak diakui oleh pemerintah Inggris. Namun, mereka dapat berpartisipasi dengan menggunakan paspor Belanda.

Atlet-atlet Indonesia sebenarnya bisa saja berpartisipasi dalam Olimpiade London 1948, asalkan mereka mau menggunakan paspor Belanda. Kendati demikian, hal itu ditolak oleh wakil Tanah Air. Mereka hanya mau hadir sebagai perwakilan Indonesia.

Peristiwa tersebut lantas membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) tergerak menyelenggarakan ajang dalam negeri. Pekan Olahraga Nasional (PON) pun diadakan sebagai bukti Indonesia sanggup menggelar kompetisi olahraga berskala nasional.

PON menjadi bukti untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga berskala nasional. Pada saat itu, PON disambut dengan antusias oleh para atlet Indonesia.

Hal itu terbukti dengan banyaknya atlet Indonesia yang hadir. Sebanyak 600 atlet mengikuti kompetisi PON dan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk memperebutkan 108 medali. Tak hanya menjadi wadah bagi atlet Tanah Air unjuk kebolehan, PON perdana akhirnya juga menginisiasi peringatan Hari Olahraga Nasional di Indonesia yang rutin dirayakan saat ini.