oleh

Pemdes Bongas Wetan Kab Majalengka Laksanakan Pelatihan Budidaya ikan lele dan burung Puyuh, Program ketahanan Pangan dan Hewan

Buletin Indonesia News.com

MAJALENGKA, Jabar — Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Pemkab Majalengka, mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Budidaya ikan Lele dan burung Puyuh, salah satu program pemerintah tentang ketahanan pangan dan hewan, bertempat di Balai Desa Bongas Wetan, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jum’at (12/08/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, koordinator Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kab. Majalengka, Pendamping Desa, Porkopimcam, Kepala Desa dan jajaran perangkat Desa Bongas Wetan, juga 4 kelompok peserta diklat berjumlah 40 orang.

Sekretaris Kecamatan Sumberjaya, Drs.Abdul Jaya mewakili Camat Sumberjaya, membuka acara pelatihan, sekaligus membagikan perlengkapan diklat secara simbolis kepada peserta.

Selanjutnya, Uju juhara,S.Pd. Selaku pendamping desa kecamatan Sumberjaya, dalam kegiatan diklat menyampaikan, bahwa 20% anggaran yang diterima desa harus digunakan untuk kelompok tani, baik pertanian maupun perikanan dengan harapan bisa mewujudkan kesejahteraan ekonomi Poktan maupun Pokdaka, sehingga ekonomi Indonesia tetap stabil, harap Uju.

Di tempat yang sama Tisno,SP. Koordinator BPP Kecamatan Sumberjaya, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Majalengka, menyampaikan apresiasi kepada desa Bongas Wetan yang sangat antusias mengikuti penyuluhan program ketahanan pangan dan hewan. Selaras dengan historis geografis wilayah Bongas Wetan yang sudah memenuhi syarat untuk mengembangkan program pemerintah bidang pertanian dan perikanan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan ekonomi tangguh, jelasnya.

Koordinator Penyuluh DKP3 Pemkab Majalengka, Wasmudi,SP. Dalam penyuluhannya menyampaikan, bahwa potensi air di wilayah desa Bongas Wetan kurang mendukung, sehingga untuk Pokdaka desa Bongas Wetan lebih cocok dengan menerapkan air kolam terpal untuk budidaya ikan, tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan penyuluh, jenis ikan yang sesuai untuk dibudidayakan di wilayah desa Bongas Wetan adalah ikan Lele, karena ikan Lele mempunyai kekuatan dan ketahanan hidup lebih lama, dan proses budidaya nya mudah, papar Wasmudi.

Usai penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab, dan peragaan materi.