oleh

Buka Raker P3DN, Wali Kota Banjar Wajibkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Buletin Indonesia News.com

BANJAR, — Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka Kegiatan Rapat Kerja Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tingkat Kota Banjar yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jumat (11/11/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan setiap Perangkat Daerah Khususnya sub Bagian Perencanaan dengan menghadirkan narasumber Wali Kota Banjar serta Inspektur Kota Banjar.

Wali Kota menyampaikan bahwa kewajiban penggunaan produk dalam negeri dilakukan mulai dari tahap perencanaan pengadaan, persiapan pengadaan hingga pelaksanaan pengadaan atau pemilihan penyedia.

Produk dalam negeri wajib digunakan oleh seluruh Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Pemerintah Lainnya dan seluruh perangkat daerah dalam pengadaan barang dan jasa.

“Presiden telah menginstruksikan kepada Para Kepala Daerah untuk membentuk Tim P3DN pada Pemerintah Daerah serta mendorong percepatan penayangan produk dalam negeri dan produk UMK dan Koperasi pada Katalog Sektoral/Katalog Lokal, serta mengalokasikan 40% anggaran PBJ untuk belanja P3DN,” Jelasnya.

Wali kota berharap, melalui kegiatan Rapat Kerja Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tingkat Kota Banjar ini akan tercipta sinergi pada fungsi Pengawasan APIP untuk mengawal program dan kegiatan implementasi atas keberpihakan P3DN sebagai acuan bagi OPD dalam menetapkan kandungan lokal untuk setiap proses pengadaan barang dan jasa di Pemda.

“Koordinasi dan kolaborasi dilakukan dengan mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan serta implementasi P3DN di Kota Banjar. Saya juga mengajak kepada seluruh hadirin untuk meningkatkan komitmen penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa di daerah serta melakukan belanja produk dalam negeri melalui e purchasing pada katalog lokal,” Pungkas Wali Kota.

(Bayu)