oleh

Bupati Herdiat : ASN Harus Melayani Masyarakat, Bukan Minta Dilayani

buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Jabatan adalah kepercayaan dan amanah yang harus dilakukan dengan dedikasi, loyalitas yang tinggi, keikhlasan, kejujuran dan tanggung jawab yang besar. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat melantik dan mengambil sumpah jabatan bagi jabatan pimpinan tinggi Pratama inspektur Kabupaten Ciamis, Jum’at (24/09/2021) di Aula Sekretariat Daerah.

Adapun Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik adalah, Ika Darmaiswara sebagai Inspektur Kabupaten Ciamis dengan jabatan sebelumnya Asisten Daerah (Asda) bagian Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Ciamis.

Dikatakan Bupati, pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor X.821.2/162/IJ tanggal 6 September 2021. Inspektorat mempunyai peran strategis dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel serta menjadi unit terdepan dalam mengawal pelaksanaan pengawasan internal di lingkungan Pemkab Ciamis.

“Kami harapkan pada pimpinan baru mampu menciptakan inovasi dan melaksanakan tugas tata kelola kepemerintahan dengan baik,” katanya.

Bupati mengingatkan kepada seluruh Asosiasi Sipil Negara (ASN) bahwa jabatan adalah kepercayaan dan amanah yang harus dilakukan dengan dedikasi, loyalitas yang tinggi, keihlasan, kejujuran dan tanggung jawab yang besar.

“Setiap aparatur negara dimanapun bertugas harus mempunyai jiwa yang kuat untuk melayani serta membantu masyarakat, bukan zamanya lagi ASN bergaya seperti pejabat zaman kolonial, yang justru minta dilayani,” tegasnya.

Menurutnya, untuk menggerakkan akselerasi transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) ASN, Presiden telah menetapkan nilai-nilai dasar ASN yakni “Berakhlak” yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Bupati juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Ika Darmaiswara sebagai Inspektur Kabupaten Ciamis, Ia berharap pejabat yang telah dilantik dapat menjalankan amanah dan tanggungjawab dengan baik.

“Selamat kepada pejabat yang baru dilantik, tugas dan tanggung jawab saudara kedepan tidaklah semakin ringan, Insyaallah dengan kerja keras kita mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Kabupaten Ciamis Hj. Yeyet Trisnayati menambahkan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan dalam rangka peningkatan kinerja sinergitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. (Nank Irawan*)

News Feed