oleh

Sekda Ciamis “Jangan Panik Hadapi Omicron, Tetap Waspada dan Terapkan Prokes”

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Dalam menghadapi varian baru virus Covid-19 yakni Omicron, masyarakat Kabupaten Ciamis dihimbau untuk tidak panik, hal itu diungkapkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (13/01/2022).

Dikatatakannya, pihaknya sudah mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam Rakor tersebut intinya Menko Marves menghimbau kepada masyarakat agar dalam menghadapi Omicron tidak perlu panik tetapi harus tetap waspada dan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan (Prokes).

Adapun yang sudah terpapar omicron untuk tingkat nasional sebanyak 506 kasus dan di tingkat provinsi sudah ada 14 orang terkonfirmasi aktif virus Omicron, untuk itu, lanjutnya seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat khususnya Kabupaten Ciamis, harus tetap waspada dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan, hal itu untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus Covid-19 Omicron.

Menurutnya, dalam rangka pencegahan penyebaran Omicron, Pemkab Ciamis sudah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi, seperti yang sudah disosialisasikan dan disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam rakor tersebut.

“Kita akan mengiatkan kembali para Camat untuk memberdayakan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang ada di wilayah kecamatan dan desanya masing-masing, agar selalu waspada dan siap siaga,” jelasnya.

Dijelaskannya, pada Febuari 2020 Ciamis baru pertama kalinya dilanda pandemi Covid-19. Bedanya dalam menghadapi Omicron Ciamis sudah mempunyai pengalaman, jadi sekarang tinggal memberdayakan yang sudah dilakukan pada waktu menghadapi Covid-19 varian Delta dan Alfa.

“Karena sudah punya pengalaman jadi kita sudah siap. Ini mudah-mudahan sih tidak sedang menunggu, tapi kita harus tetap siaga dan waspada menghadapinya, semoga tidak sampai ke Kabupaten Ciamis ini,” ungkapnya.

Selain itu rumah sakit yang ada di Kabupaten Ciamis, sudah menyiapkan ruang perawatan, tempat isolasi begitu juga dengan isolasi terpusat atau isolasi mandiri. Semuanya sudah disiapkan, mudah-mudahan Omicron tidak ada di Ciamis.

“Alhamdulillah kasus terkonfirmasi positif masih kosong,” ucapnya.

Terkait pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hari keempat semuanya berjalan baik, aman, tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, semuanya sesuai dengan harapan.

“Alhamdulillah tidak ada kejadian kejadian apapun, bahkan kita terus bekerja sama dengan pihak TNI dan Polri untuk terus menggenjot kegiatan vaksinasi anak dalam rangka dalam rangka mencegah omicron dengan cara vaksinasi serta Prokes,” terangnya.

Diungkapkan Sekda, karena jumlah anak yang cukup banyak bukan hanya yang di Sekolah Dasar (SD) saja tapi juga di Madrasah, untuk itu pihaknya berharap semoga pada bulan-bulan ini vaksinasi untuk anak bisa selesai.

Untuk mencapai itu vaksinasi untuk anak juga dilaksanakan secara terpusat dengan tema vaksinasi wisata yang akan digelar pada, Sabtu (15/01/2022) nanti di Karang Kamulyan, Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

“Kita akan melaksanakan kegiatan vaksinasi wisata di Karang Kamulyan untuk anak-anak, jadi anak-anak bisa divaksin sambil wisata (Piknik),” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed