oleh

Dukung Ganjar, SDG Gelar Sunat Massal di Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jawa Barat mengadakan sebuah kegiatan sunat masal bagi anak-anak di Kabupaten Ciamis, Minggu (08/01/2023). Kegiatan tersebut membawa tim medis khitan yang professional dan bekerja sama dengan Pondok Pesantren Riyadlul Huda yang berlokasi di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari keluarga yang kurang mampu, mereka juga tidak dipungut biaya untuk mengikuti kegiatan sunat massal. Anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut justru mendapatkan paket bingkisan yang berisi pakaian, sarung, dan peci yang diberikan dari para sukarelawan.

Ahmad Hakiki selaku Koordinator Wilayah SDG Jabar mengatakan, kegiatan sunat massal tersebut diikuti oleh puluhan anak. Kegiatan tersebut bukan hanya dari santri Ponpes Riyadlul Huda, namun diikuti juga oleh anak-anak dari daerah lainnya di Kabupaten Ciamis.

“Latar belakang dilakukannya kegiatan ini, salah satunya adalah adanya permintaan langsung dari masyarakat. Kemudian, karena banyak masyarakat di sini yang kurang mampu untuk membawa anaknya melakukan sunatan,” kata Hakiki.

Hakiki mengharapkan, dengan adanya kegiatan sunat massal dapat menjadi solusi bagi para orang tua yang kurang mampu agar anaknya disunat.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap SDG Jabar bisa terus mendekatkan diri ke masyarakat. Bisa mendampingi dan membantu masyarakat dalam kegiatan sosial atau kegiatan keagamaan,” harap Hakiki.

Pimpinan Ponpes Riyadlul Huda yaitu Busrol Hakim mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan sunat massal dari para sukarelawan.

“Alhamdulillah, ini acara yang baik sekali. Bahkan, jarang ada acara khitanan dan doa bersama dilakukan bersama,” kata Busrol.

Selain mengadakan sunatan massal, para relawan di kegiatan tersebut mengajak para santri Ponpes Riyadlul Huda untuk melakukan doa bersama. Mereka berdoa meminya keberkahan untuk masyarakat Indonesia dan berdoa agar di tahun 2023 Indonesia dijauhkan dari segala bencana.