oleh

Bupati Bangka Serahkan 4 unit Motor Pusling Dinas Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Selesai Senam bersama Bupati Bangka Mulkan S.H. MH menyerahkan 4 yunit sepeda motor Dinas Kesehatan kepada puskesmas keliling (pusling) yaitu Puskesmas Belinyu, Puskesmas Riau Silip, Puskesmas Petaling Mendo Barat dan Puskesmas Penagan Mendo Barat di halaman Kantor Bupati  Bangka, Jumat (09/09/2022).

Ketua panitia pelaksana Nora Sukma Dewi sebagai laporan kepada Bupati Bangka mengatakan kegiatan penyerahan bantuan 4 unit sepeda motor puskesmas keliling (pusling) berasal dari dana DAK Fisik 2022 Subbidang  Penguatan Sistem Kesehatan senilai Rp121.840.000.

“Tujuan pengadaan sepeda motor pusling ini sebagai transportasi yang dapat digunakan untuk sarana pelayanan berbagai program yang ada di puskesmas masing-masing di tempat yang tidak bisa dijangkau kendaraan pusling roda 4,” ujar Nora yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Bangka Mulkan mengatakan penyerahan kendaraan operasional sepeda motor pusling ini sebagai upaya Pemkab Bangka untuk menambah fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, supaya kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga lebih meningkat.

“Apalagi puskesmas-puskesmas ini merupakan pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat yang ada di desa/kelurahan, jadi kita bukan hanya memperhatikan rumah sakit ataupun puskesmas yang ada di perkotaan saja,” jelas Mulkan.

Diakuinya, “Pemkab Bangka saat ini sangat antusias dan fokus mencari peluang-peluang bantuan dari dana-dana yang ada  di kementerian dan Pemerintah Pusat, tinggal kita mau atau tidak mau, aktif atau tidak aktif OPD di Pemerintah Daerah untuk mengusulkan bantuan lewat anggaran yang ada di pemerintah pusat,” ungkapnya.

“Alhamdulillah sudah 4 tahun terakhir ini kita boyong OPD-OPD di Pemkab Bangka untuk ke Kementerian dan audiensi dengan anggota DPR RI lewat komisi-komisi terkait, lewaf usaha ini di tahun 2023 nanti untuk alat kesehatan (alkes) yang ada di rumah sakit-rumah sakit daerah di Kabupaten Bangka akan mendapatkan dana sekitar Rp 40 miliar dari Pemerintah pusat,” katanya.

“Hal ini merupakan bentuk sinergi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah untuk memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan pemerintah daerah,” ungkap Mulkan.

Dilanjutkan dengan penyerahan 4 unit kendaraan roda 2 kepada penerima Puskesmas Masing-masing oleh Bupati Bangka Mulkan didampingi para OPD Pemkab Bangka.

(WAWAN)