oleh

Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Gelar Giat ‘ORMAS DAY 2021’

Buletinindonesianews.com

Bandung, Jawa Barat – Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Ormas merupakan perwujudan dari berlangsungnya masyarakat sipil yang berfungsi menjembatani, memperjuangkan, dan membela kepentingan rakyat dari dominasi kepentingan modal dan politik praktis. Mereka menengahi berbagai kepentingan yang terjadi di antara kelompok masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi konflik sosial.

Namun demikian, pada praktiknya kondisi sosial ekonomi di Indonesia yang relatif masih rendah, telah memaksa beberapa pihak menggunakan ormas untuk meraih kepentingan mereka. Karena itu, memperbaiki dan meluruskan kembali peran ormas merupakan tantangan untuk memperkuat peran mereka dalam rangka turut menciptakan pembangunan dan demokrasi yang lebih baik.

Peran Ormas di Jawa Barat menjadi penting dan strategis. Ormas turut serta berperan aktif dalam proses pembangunan, khususnya pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan serta pemberdayaan organisasi. Peran dan eksistensi Ormas di Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah pembinaan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat.

Sebagai bentuk langkah pembinaan administratif, Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat mencatat ada sekitar kurang lebih 1300 Ormas yang masuk dalam direktori, yang selanjutnya dianggap sebagai Ormas yang dianggap Mitra dari Pemerintah Daerah.

Selanjutnya Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat mewakili Pemerintah, perlu melakukan langkah-langkah pembinaan, komunikasi dan kemitraan dengan Ormas yang ada di Jawa Barat, serta menumbuhkan soliditas dan kekompakan serta komunikasi antar Ormas.

Langkah-langkah tersebut dilakukan dengan melakukan pertemuan antara Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat dengan Ormas, pertemuan antara Ormas dengan Ormas, atau melakukan pertemuan yang bersifat konsolidasi, komunikasi dan silaturahmi.

Tujuan dari pertemuan tersebut harus menumbuhkan soliditas dan kerja sama antara pemerintah daerah dengan ormas.Berangkat dari hal tersebut Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan “ORMAS DAY 2021”, yang dilaksanakan pada tanggal 16 November 2021, bertempat di Hotel Horison Bandung.

“ORMAS DAY 2021”, adalah puncak acara dari serangkaian acara dalam rangka menumbuhkan soliditas dan kekompakan serta komunikasi antar Ormas, dan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat menjadi inisiator dan fasilitator dari kegiatan “ORMAS DAY 2021”.

Tujuan diadakannya kegiatan “ORMASDAY 2021”, adalah mengembalikan Marwah Ormas yang berfungsi sebagai kontrol sosial, membangun kembali stigma Positif Ormas, serta mendorong ormas untuk terus menjadi Mitra Strategis Pemerintah, dalam rangka mendukung Program Pemerintah, sekaligus optimalisasi Demokrasi dan Pembangunan.

Dalam kegiatan puncak acara “ORMAS DAY 2021” telah dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang akan memberi sambutan sekaligus memberikan penghargaan kepada Ormas yang terlibat dalam rangkaian acara “ORMAS DAY 2021”.

Selain itu dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Dr.Drs.H.R. Iip Hidajat, MP.d serta 200 Ormas. Dalam puncak ORMAS DAY 2021, didapatkan 10 Ormas yang mendapatkan penghargaan langsung, diantaranya ormas terfavorit, terkece, ter go green, tersemangat, tergercep, terkenal , teramah, terdekat dengan masyarakat, teronline, terkreatif.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan “Kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan Pemprov Jabar untuk memberikan apresiasi terhadap ormas yg berkontribusi aktif di masyarakat.” ucap Gubernur.

Selain itu Gubernur Jawa Barat sangat senang bisa kembali bersilaturahmi dengan para ormas setelah berjuang bersama melewati pandemi covid 19 yang sekarang sudah mereda.

(Purwadhi)

Sumber : Bidang Ormas Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat

News Feed