oleh

Lanud Husaen Sastranegara Dukung Hujan Buatan Melalui Teknologi Modifikasi Cuaca

Buletin Indonesia News.com

Bandung, Jawa Barat– “Utamakan Keselamatan penerbangan dan selalu berkoordinasi dengan BMKG karena cuaca di Bandung selalu berubah”. Hal ini disampaikan Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma, S.T., M.M., M.Han, saat acara briefing Teknologi Modifikasi Cuaca bertempat di Posko TMC Disops Lanud Husein Sastranegara, Jumat (22/10/2021).

Danlanud juga mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja kepada stakeholder terkait. “Kita berharap mudah-mudahan pertemuan ini menjadi awal yang baik bagi upaya kita dalam mengupayakan TMC untuk (DTA) Waduk Kaskade sehingga memberi manfaat bagi masyarakat dan warga Provinsi Jawa Barat”, ujar Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan “Lanud Husein Sastranegara selalu siap mendukung program pemerintah berupa pelaksanaan penerapan TMC dengan mengerahkan segala daya dan upaya, baik personel, serta sarana dan prasarana yang kami miliki”, Jelas Danlanud.

Sementara itu Korlap BRIN Bapak Ari Nugroho mengatakan kegiatan TMC ini diharapkan mampu mengatasi defisit air di Waduk Kaskade Citarum yang merupakan tulang punggung dan ketersediaan pasokan listrik diwilayah Jawa-Bali. Ditambahkanya kegiatan TMC ini ditargetkan mampu meningkatkan curah hujan sekitar 20 persen untuk mengisi cadangan air waduk Kaskade Citarum.

Waduk Kaskade Citarum terdiri dari Waduk Saguling, Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur yang merupakan tulang punggung dari ketersediaan pasokan listrik di wilayah Jawa Bali. Selain untuk produksi listrik, air yang bersumber dari Waduk Kaskade Citarum juga digunakan untuk mendukung sektor pertanian di Jawa Barat, termasuk memenuhi kebutuhan air baku bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, termasuk industri.

(Purwadhi-JSI)

Sumber : Kapentak Lanud Husein Sastranegara.

News Feed