oleh

Gempa M 7,5 Rusak Rumah sampai Sekolah di Tanimbar Selatan, Maluku

Buletin Indonesia News.com

TANIMBAR SELATAN, Maluku- Akibat gempa berkekuatan M 7,5 di Maluku Tenggara Barat, sejumlah rumah samapai sekolah mengalami kerusakan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat beberapa bangunan yang terdampak akibat gempa tersebut.

Data sementara pada pukul 08.13 WIB, BNPB mencatat 15 rumah warga Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan, dengan rincian 1 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan sisanya masih dilakukan tingkat penilaian kerusakan.

Di Kabupaten Maluku Barat Daya, laporan visual akan kerusakan rumah warga di dapat dari Desa Watuwei, Kecamatan Dawelor Dawera.

Sedangkan di Saumlaki, beberapa rumah dan fasilitas pendidikan SMP Kristen Saumlaki beserta SMA Negeri 1 Saumlaki, Tanimbar Selatan, mengalami kerusakan. Untuk korban sendiri, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan ada satu warganya yang mengalami luka-luka.

“Kondisi Tansel sementara pagi ini 2 rumah di Saumlaki rusak berat, 2 rumah di Kandar rusat berat,” ucap Abdul Muhari, Plt Kapusdatinkom BNPB.

Sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan tsunami akan gempa berkekuatan M 7,5 tersebut, namun di akhiri pada pukul 03.43 WIB.

Kepala BMKG Dwikora Karnawati mengimbau kepada masyarakat agar menjalankan aktivitas secara normal.

“Mengingat peringatan dini tsunami telah berakhir, masyarakat di wilayah pesisir diimbau beraktivitas kembali normal seperti biasa,” ujar Dwikorita, Selasa (10/1/2023).

Dwikorta juga meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak bertanggung jawab dan juga tetap tenang. Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat menghindari bangunan yang rusak dan retak akibat gempa.