oleh

Soto Iyun, Kuliner Khas Ciamis yang Legendaris dengan Rasa Ciamik

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar- Soto Iyun merupakan salah satu kuliner khas Ciamis yang masih eksis dan bertahan hingga saat ini. Makanan ini merupakan salah satu menu yang ada di Rumah Makan Sindang Heula dekat alun-alun Kota Ciamis.

Soto Iyun disebut-sebut sebagai makanan legendaris karena sudah ada sejak tahun 1950-an dengan varian soto ayam dan juga sapi. Selain perbedaan daging, Soto Iyun juga menyediakan varian kuah santan dan juga bening dengan resep spesial. Tentu saja kenikmatan lainnya yang ada di soto ini terletak dari harga makanan yang sangat terjangkau sehingga cocok untuk makan bersama teman maupun keluarga.

Nama Soto Iyun sendiri diambil dari nama pemilik pertama dari warung nasi yang terletak di Jl. WR Supratman. Bahkan nama itu selalu dikenal hingga saat ini walaupun sudah dikelola oleh Ibu Dedeh selaku pewaris resep soto legendaris.

Hingga saat ini, cita rasa dari Soto Iyun masih terjaga dan akan lebih nikmat jika dimakan dengan tambahan perasan jeruk nipis, telur dan sambal yang akan membuat rasanya menjadi lezat tiada tara.

Untuk harganya sendiri, satu porsi Soto Iyun dibanderol dengan harga Rp. 27.000, dan dengan harga segitu sobat sudah bisa mendapatkan nasi sekaligus teh hangat. Isian sotonya pun cukup banyak, karena ada potongan daging, usus dan juga babat yang berkualitas, belum lagi soun, toping kacang, irisan bawang daun dan bawang goreng yang membuat rasanya menjadi ciamik.

Warung Nasi Sindang Heula buka pukul 06.00-16.00 WIB. Ada juga gepuk untuk makanan lainnya.