oleh

Sukseskan Delegasi KTT G20 dengan Adanya 66 SPKLU dan 200 Home Charging

Buletin Indonesia News.com

BALI,- Yudo Dwinanda selaku Staf ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bidang Perencanaan Strategis mengatakan, ada 66 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang telah disiapkan di Bali. Hal itu diadakan untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 pada tanggal 15-16 November mendatang.

“SPKLU yang disediakan memiliki daya ultra fast charging dan fast charging yang dapat mengisi daya baterai mobil dalam 15-30 menit dari posisi 0 persen,” ucapnya pada Sabtu (12/11/2022).

Tudi berujar, ada dua lokasi SPKLU Ultra Fast dan Fast Charging yang bisa menampung 636 kendaraan delegasi. Lokasi tersebut berada di Central Park ITDC dan Kempinski. Disana ada 74 petugas, masing-masing ada 42 orang di SPKLU ITDC dan 32 orang di SPKLU Kempinski.

Yudo juga melanjutkan bahwa pemerintah menyediakan 200 home charging yang disediakan oleh PT PLN (Persero). Semuanya tersebar di 12 lokasi, yaitu Hotel Merusaka, Ritz Carlton, Grand Hyatt, Nusa Dua Beach, St.Regis, Laguna, Westin, Hilton, Samabe, Mulia, BNDCC dan ITDC.

Untuk medukung kelancaran mobilitas delegasi G20, pemerintah juga sudah menyiapkan 30 Bus Listrik Merah Putih (BLMP) ukuran medium. Nantinya bus tersebut akan digunakan untuk delegasi mulai kedatangan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, sampai ke lokasi pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Seluruh BLMP merupakan buatan dalam negeri dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 76,98 persen. Bus ini juga merupakan hasil kolaborasi pengembangan listrik BUMNN dan konsorsium perguruan tinggi Universitas Airlangga, UGM, Institut Senirupa Indonesia Denpasar dan Institut Teknologi Surabaya.

“Bus sudah diuji kelaikan jalan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Semua kendaraan jenis apa pun di uji kelaikan jalannya disana,” kata Pitra, Kepala Humas Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Pitra juga melanjutkan, akan ada 11 bus listrik ukuran medium dan besar lainnya dari sejumlah perusahaan yang mendukung kesuksesan acara Presidensi G20. Sehingga total bus listrik yang tersedia adalah 41 unit.