oleh

dr. Hj. Pupung : Wisuda Ini Menandai Perubahan Mahasiswa Dan Tanggung Jawabnya

Buletin Indonesai News.com

CIAMIS, Jabar — Universitas Galuh Ciamis melaksanakan wisuda 1372 mahasiswa di Auditorium Unigal pada Kamis, 28 Oktober 2021. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring karena sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Universitas Galuh.

Saat menyampaikan sambutan Ketua pengurus Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis, dr. Hj. Pupung Oprianti, M.Kes. mengucapkan puji dan syukur terhadap Allah swt karena bisa mengikuti proses wisuda yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Sebelumnya saya atas nama pribadi maupun pengurus yayasan pendidikan unigal ciamis mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara-saudara dalam menyelesaikan studi dan meraih gelar megister, sarjana dan ahli madya unigal.” ucapnya.

dr. Hj. Pupung  berharap semoga dengan keberhasilan yang diraih oleh para wisudawan bisa menjadi pintu gerbang keberhasilan yang lebih besar dimasa yang akan datang.

“Saya percaya bahwa capaian akademik yg telah saudara-saudara raih tentunya merupakan hasil jerih payah ketekunan dan keuletan saudara-saudara serta dukungan moral dan do’a dari keluarga dan kerabat saudara-saudara sekalian.” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada wisudawan meskipun sudah menyandang gelar sarjana, megister dan ahli madya di unigal harus tetap belajar karena belajar adalah inti dari kehidupan.

“Kita tidak boleh berpuas diri dengan ilmu yang telah dimiliki dan tidak mau belajar lagi karena apabila kita sudah tidak mau belajar lagi maka kita akan tertinggal. Perlu kita ingat salah satu tolak ukur sdm adalah kemampuannya utk belajar. Karena dengan belajar kita dapat menjadi lebih balik dari sebelumnya.” Ungkapnya.

Penyelenggaraan wisuda pada hari ini merupakan sebuah acara ceremonial yg menandai perubahan status mahasiswa dan juga perubahan tanggungjawabnya.

Ia memfilosofikan 4 perubahan agar wisudawan yang sudah menyandang gelar sarjana, megister dan ahli madya bisa seperti kupu-kupu.

“Setidaknya ada 4 perubahan yang perlu di teladani yakni :

Pertama yang pertama perubahan bentuk, seyogyanya setelah lulus dari unigal harus ada perubahan bentuk perilaku dan penampilan.

Kedua perubahan struktur, wisudawan yang telah lulus bisa menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa dalam menghadapi masalah.

Ketiga perubahan  pergerakan, setelah lulus seyogyanya memiliki mobilitas yang tinggi dan jaringan yg lebih luas.

Dan yang terakhir perubahan fokus, memiliki focus kedepan yg lebih baik lagi.”

Sebelum mengakhiri sambutannya ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektorat dan seluruh tim yang mempersiapkan kegiatan ini.

“Kepada alumni saya menitipkan nama baik unigal tetaplah menjalin tali silaturahmi dengan almamater agar bersama dapat mendharmabaktikan potensi kita masing-masing untuk kemaslahatan bangsa dan negara. Selamat jalan selamat berkarya semoga kesuksesan selalu menyertai  salam kampus merdeka!” tuturnya sebagai penutup. (**Agus Firman)

News Feed