oleh

Ini Pesan Bupati Ciamis di Acara HKP ke-49 Kecamatan Baregbeg

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Hari Krida Pertanian (HKP) ke-49 tingkat Kecamatan Baregbeg, digelar di Desa Petir selama dua hari, Senin-Selasa (29-30/11/2021). Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya dalam sambutannya yang dibacakan, Sekertaris Dinas (Sekdis) Pertanian Kabupaten Ciamis, Lilis Widianingsih mengatakan HKP merupakan hari berbahagia sekaligus hari mawas diri dan hari terima kasih bagi segenap Insan pertanian.

Pada hari ini pertanian ini para petani peternak dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita yang oleh petani diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh umat manusia.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pertanian, peternakan yang telah bekerja keras dalam mewujudkan penghasilan, tidak hanya untuk kebutuhan ekonomi keluarganya namun juga untuk mewujudkan ketahanan ketahanan pangan baik regional maupun nasional.

Sesuai dengan visi misi Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024 yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua yang dijabarkan dalam empat pilar, diantaranya yaitu membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan lokal. Sektor pertanian menjadi kunci utama dalam meningkatkan dan memulihkan ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Mari kita tingkatkan semangat membangun komitmen keberpihakan kepada para petani dan kita akan terus melakukan terobosan strategis dan langkah yang inovatif serta meningkatkan pemanfaatan teknologi kekinian dalam penyelenggaraan pembangunan pertanian di Kabupaten Ciamis kami juga mengajak kaum milenial untuk memacu pembangunan pertanian di daerah agar lebih mandiri,” ucapnya.

Sementara Camat Baregbeg, Edi Yulianto menambahkan dalam kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan diantaranya Pameran Exspose Pertanian, Lomba liwet dan Bakar ikan, Rembug KTNA, Gebyar Minum susu anak sekolah dan Vaksinasi Covid 19 dosis 1 dan 2 usia 12 dan keatas.

“Melalui HKP Ke-49 ini semoga dapat meningkatkan Ketahanan Pangan dan Kreatifitas Masyarakat untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid 19,” jelasnya..

HKP tersebut diikuti oleh perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) sebanyak 9 Stand KTNA dari masing Gapoktan tingkat Desa yang ikut memeriahkan pameran pembangunan pertanian dalam HKP tersebut. (Nank Irawan)

News Feed