oleh

Bupati Bangka Mulkan Launching (Siswaskeudes) Tahun 2022

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Bupati  Bangka Mulkan melaunching aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) secara online Kabupaten Bangka Tahun 2022 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Jum’at (18/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri Sekda Bangka H Andi Hudirman, Kepala BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faisol Cahyo Nugroho, Kepala Inspektorat Bangka Darius, perwakilan pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Ketua APDESI Bangka Syaiful Ahyar, para camat, para kades se-Kabupaten Bangka.

Kepala Inspektorat Kabupaten Bangka, Darius selaku pelaksana kegiatan mengatakan aplikasi Sistem Informasi 
Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) online ini yang dilaksanakan BPKP yang
sebelumnya juga membuat aplikasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa (Siskeudes).

“Aplikasi Sistem Informasi 
Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes)ini dimaksudkan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bangka, khususnya Inspektorat Bangka untuk memaksimalkan proses pengawasan dan monitoring terhadap pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes yang sudah dilakukan aparatur desa,” terang Darius.

Diharapkannya dengan adanya aplikasi Siswaskeudes ini seluruh pengelolaan keuangan desa bisa dipantau bila ada terjadi kelemahan atau kesalahan untuk kemudian diberikan saran perbaikan.

Ditempat yang sama Kepala   BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faisol Cahyo Nugroho mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari aplikasi Siskeudes dan workshop yang sudah dilaksanakan sejak Juli 2022 lalu.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Bupati Bangka dan jajarannya untuk mengadakan kegiatan launching aplikasi Siswaskeudes dalam rangka meningkatkan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa,” ujar Faisol.

Lanjutnya “Dengan adanya aplikasi Siswaskeudes online ini memudahkan pihak Inspektorat Bangka dalam melakukan pengawasan Siskeudes yang dilakukan aparatur desa.
Siskeudes merupakan tools untuk membantu pihak Desa menata usahakan keuangan Desa dengan lebih mudah dan menghasilkan laporan keuangan sesuai standar,” jarapnya.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan review APBDes lalu saat ini rata-rata hampir 80 persen sudah terserap anggaran yang sudah direncanakan.

“Alhamdulillah saya nilai sudah cukup baik penyerapan APBDes yang sudah dilakukan pihak pemdes, karena adanya pengawalan dan monitoring dari Triwulan I hingga III dan nanti Triwulan IV diharapkan penyerapan APBDes ini semakin baik dan perlu dipertahankan,” ujar Mulkan.

Diakuinya dengan adanya sistem aplikasi yang sudah dibuat BPKP ini memberikan kemudahan kepada pihak pemdes dan Inspektorat Bangka mulai adari tingkat perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggung jawaban keuangan.

“Kita harapkan dengan adanya anggaran dana desa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program jangan sampai terjadi kegagalan,” tegas Mulkan.
(WAWAN)