oleh

Tamu Negara Dari Anggota G20 dan Negara Undangan Tiba di Tahura Ngurah Rai, Bali

Buletin Indonesia News.com

BADUNG, — Sejumlah tamu negara dari anggota G20 dan negara undangan mulai tiba secara bergantian di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai yang terletak di kawasan Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Provinsi Bali, Rabu (16/11/2022). Mereka menghadiri kegiatan tambahan KTT G20, yaitu menanam tanaman bakau dan menyaksikan proses konservasi hutan bakau.

Beberapa tamu negara yang telah tiba di lokasi dalam waktu 30 menit terakhir setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai tuan rumah bersiap-siap menyambut kedatangan mereka. Antara lain Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola, dan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard.

Juga Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

Jokowi menyambut kedatangan para tamu negara di depan pendopo atau wantilan yang menjadi bangunan pertama yang ditemui oleh para tamu negara di Tahura Ngurah Rai. Usai bersalaman dan menyambut kedatangan para tamu negara itu, dia mengantar mereka ke area dalam wantilan untuk duduk dan bersantai.

Di area dalam wantilan, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, terlihat membantu Jokowi mengantarkan para tamu negara itu ke tempat duduk.

Untuk kegiatan penanaman bakau dan proses konservasi hutan bakau di Tahura Ngurah Rai, para tamu negara kompak mengenakan kaus putih lengan panjang berkerah yang lengkap dengan logo G20 Indonesia. Beberapa dari mereka juga mengenakan topi putih berlogo G20 Indonesia.

Di lokasi, sembari menunggu kedatangan delegasi lainnya, para tamu negara saling berbincang. Georgieva, yang berdiri dikelilingi oleh sejumlah tamu negara, terlihat berbincang-bincang sambil menunggu acara dimulai. Sementara itu, Jokowi saat tidak ada tamu negara yang datang menemani mereka mengobrol.

Beberapa menit sebelum para tamu negara datang, Jokowi tiba lebih dulu mengecek langsung sejumlah bibit tanaman bakau di Tahura Ngurah Rai. Jokowi tiba di lokasi bersama rombongan para jurnalis asing, yang di antaranya merupakan wartawan Istana Kepresidenan sejumlah negara, dan wartawan Indonesia yang menjadi media resmi tuan rumah.