Dinkes Lakukan Swab Warga Binaan dan Pegawai Lapas Kelas IIB Kota Banjar

Dinkes Lakukan Swab Warga Binaan dan Pegawai Lapas Kelas IIB Kota Banjar

BINews

Banjar, – Dinas kesehatan kota Banjar senin pagi ini (14/9/20) melakukan swab dan rapid tes terhadap warga binaan dan pegawai lapas kelas IIB kota Banjar.

Dinas kesehatan kota Banjar melakukan swab dan rapid tes terhadap warga binaan

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya preventif pemerintah kota Banjar atas munculnya cluster baru di Lapas. Sebelumnya, Gugus tugas kota Banjar merilis munculnya cluster baru penyebaran virus Corona di dalam lapas.

Seorang warga binaan yang baru saja dipindahkan dari lapas Cipinang Jakarta Timur pada kamis (3/9) lalu bersama 24 warga binaan lainnya terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan swab tes. Kedatangan 25 warga binaan tersebut langsung dilakukan rapid tes dan hasilnya 2 orang reaktif sementara 1 orang lagi langsung dilakukan tes swab karena saat pengambilan rapid hasilnya samar sehingga diputuskan untuk dilakukan swab tes karena orang tersebut sedang bergejala.

Hal tersebut diutarakan dr Agus Budiana, kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit dinas kesehatan kota Banjar.

“hasil swab dari Labkesda sabtu lalu dinyatakan bahwa warga binaan tersebut terkonfirmasi positif dan kami sudah melakukan tracking terhadap 40 orang yang sudah kontak erat dengan pasien. Hari ini dilakukan rapid tes sekaligus pengambilan swab untuk yang reaktif,” bebernya.

Sutan Hasibuan, kasubsi perawatan narapidana dan anak didik lapas IIB kota Banjar, mengatakan bahwa sebanyak 4 orang dari 30 pegawai lapas kelas IIB yang dirapid dilakukan swab tes langsung. Mereka dites setelah terindikasi memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

“sementara untuk 25 warga binaan mutasi dari Cipinang, 3 orang sudah dikembalikan ke Cipinang karena yang 2 reaktif dan 1 sedang sakit. Sisanya akan dilakukan rapid dan swab berdasarkan pemeriksaan tim medis,” pungkasnya.

(Susi)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: