Kabag Humas Setda Inisiasi Bentuk Aksi Perubahan Klimaks PPJ

Kabag Humas Setda Inisiasi Bentuk Aksi Perubahan Klimaks PPJ

BINews

CIAMIS,- Dalam upaya memaksimalkan fungsi Kehumasan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Ciamis, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis melakukan inovasi aksi perubahan klinik maksimalisasi Protokoler, Photography dan Jurnalistik (PPJ), Inovasi tersebut telah di launching oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Toto Marwoto, di Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin, (02/11/2020)

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Toto Marwoto, melakukan inovasi aksi perubahan klinik maksimalisasi Protokoler, Photography dan Jurnalistik (PPJ),

Dikatakannya, Inovasi Klimaks PPJ yang diinisiasi oleh Kabag Humas, Ani Supiani ini sebagai upaya pengembangan Human Resource di lingkup OPD Kabupaten Ciamis.

“Kita telah mengetahui banyaknya kegiatan yang dilaksanakan setiap OPD terkadang jarang terekspose, diharapkan dengan inovasi klimak PPJ ini bisa mewujudkan keterbukaan informasi dan eksistensi serta targetan pencapaian kinerja setiap OPD,” katanya.

Menurutnya, keterbatasan SDM dalam bidang kehumasan bisa dioptimalkan melalui Klimak PPJ.

“Semoga apa yang ditargetkan dan diikhtiarkan Kabag Humas Ani Supiani selaku penginisiasi aksi perubahan terlaksana dengan sukses dan tanpa hambatan,” harapnya.

Kabag Humas Setda Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengungkapkan, latar belakang inovasi Klimaks PPJ tersebut dilakukan karena Keterbatasan personil Bagian Humas Setda Ciamis dan intensitas kegiatan yang padat mengharuskan adanya optimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintahan Kabupaten Ciamis.

“Kita mengharapkan output yang nantinya memiliki tim khusus yang memahami terkait teknis keprotokolan untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan, photography dalam hal pendokumentasian kegiatan dan keahlian jurnalis sebagai informasi publik,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan inovasi, tetap berpegang pada dasar hukum, diantaranya Pasal 40 Peraturan Bupati Ciamis Nomor 37 Tahun 2016, dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Pelaksanaan inovasi kita berpegang teguh pada dasar hukum yang berlaku, sebagai upaya penguatan inovasi yang harus dilakukan sesuai tupoksi Bagian Humas sendiri,” jelasnya.

Ani juga menerangkan, aksi perubahan tersebut disusun sebagai upaya mewujudkan kemandirian setiap SKPD dalam penyelenggaraan kegiatan sesuai protokol yang berlaku dan sebagai eksistensi Lembaga dalam publikasi media.

“Klimaks PPJ ini akan menjadi program optimalisasi SDM di setiap SKPD dalam bidang Kehumasan,” tegasnya.

Perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Rizal Nurdiana menyampaikan apresiasi atas rencana aksi perubahan yang telah digagas oleh Kabag Humas Ani Supiani tersebut.

“Optimalisasi fungsi kehumasan di setiap OPD sangat diperlukan, sejalan dengan percepatan digitalisasi informasi harus didukung dengan kesiapan SDM di setiap OPD untuk memaksimalkan penetrasi penyampaian kegiatan yang telah dilaksanakan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) Ciamis Raya, Yopi Andreas sangat mendukung inovasi yang digagas oleh Kabag Humas Setda Ciamis tersebut, menurutnya, penetrasi informasi kegiatan kepada masyarakat perlu dilakukan, baik dalam bentuk narasi text, grafik maupun video.

“Hadirnya inovasi Klimaks PPJ ini diharapkan mampu memberikan dampak baik terhadap eksistensi, juga mewujudkan keterbukaan informasi di setiap OPD sebagai konsumsi informasi bagi masyarakat luas,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Ciamis. (Nank)

Admin BIN