Kapolres Ciamis, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 Jelan Idul Fitri 1442 H Digelar Selama 12 Hari

Kapolres Ciamis, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 Jelan Idul Fitri 1442 H Digelar Selama 12 Hari

Ciamis, buletinindonesianews.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Ratusan personel gabungan disiagakan melaksanakan Operasi Ketupat Tahun 2021. Operasi Ketupat ini digelar serentak diseluruh Indonesia oleh seluruh jajaran Polda hingga Polrestabes/Polresta/Polres.

Pelaksanaan Operasi Ketupat di wilayah hukum Polres Ciamis ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu pagi (5 Mei 2021).

Apel gelar pasukan di tingkat Kabupaten Ciamis dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya. Pada kesemptan tersebut, pengecekan pasukan Apel Bupati didampingi oleh Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Kajari Ciamis Yuyun Wahyudi, SH., M.H., dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya didampingi Kapolres AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si, Dandim Ciamis dan Kasatpol PP Kab. Ciamis saat menggelar apel pasukan

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya mengatakan, Apel Gelar Pasukan sebagai bentuk kesiapan Pemerintah bersama Polri dan TNI serta Instansi terkait lainnya dalam mengamankan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Terlebih lagi untuk melakukan penyekatan terhadap pemudik yang memaksakan diri mudik ke kampung halaman khususnya di Kabupaten Ciamis.

“Intinya siap untuk amankan pemudik, supaya bisa minimalisir yang mudik. Karena kita tahu banyak masyarakat yang telah curi start, disamping pengetatan di posko perbatasan, kita akan perketat di posko tingkat desa, RT, RW,” ucap Bupati seusai memimpin Apel Gelar Pasukan.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., menambahkan, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 Polres Ciamis mendirikan beberapa pos, mulai dari pos penyekatan, pelayanan dan pengamanan.

Buapti Ciamis saat menyematkan tanda di mulainya gelar pasukan menjelang hari raya idul fitri 1442 H

“Masalah pandemi kita ada pos Penyekatan. Ada empat titik, yaitu Pos Cihaurbeuti, Panawangan batas Majalengka, Karangkamulyan, dan Kalipucang Batas Jabar-Jateng,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 ini digelar selama 12 hari. Digelar dari tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang.

“Saya harap masyarakat tidak mudik dulu. Tahan diri. Kita hadapi lebaran ini tanpa mudik, karena kita masih pandemi. Apabila ada ditemukan warga yang hendak melintas di wilayah hukum Polres Ciamis untuk mudik maka dengan tegas akan kami putarbalik semua,” ucap AKPB Hendria.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2021 tingkat Polres Ciamis disiagakan 765 personel gabungan. Mereka terdiri dari anggota Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom III/2-3 Ciamis, Satpol PP Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, Dishub Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, PMI, Pramuka, BPBD Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, dan instansi terkait lainnya.

Selama pelaksanaan apel gelar pasukan operasi ketupat lodaya tahun 2021 di tingkat Kabupaten Ciamis berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Seluruh peserta dan tamu undangan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona.

(Asjen/HMS Polres Ciamis)

Admin BIN