oleh

Pelayanan RSUD Ciamis Buruk, Mahasiswa dan Masyarakat Datangi DPRD

Mahasiswa dan masyarakat mendatangi kantor Dewan, guna audent tetang buruknya pelayanan RSUD Ciamis. (poto:Lilis)

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Forum Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Pelayanan Publik mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Ciamis untuk menyampaikan beberapa keluhan masyarakat terkait pelayanan RSUD Ciamis yang di anggap buruk.

Demikian diungkapkan Koodinator Aksi sekaligus Ketua DPC XTC Kabupaten Ciamis Giant Ferdyana dalam audiensinya, Rabu (25/10/17).

Mereka menuntut beberapa hal diantaranya, meminta Pemerintah Daerah untuk mengevaluasi kinerja RSUD Ciamis, melengkapi dan memperbaiki alat serta fasilitas kesehatan sesuai dengan  Standar Operasional Prosedur (SOP), Transparansi terhadap Dana BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) sesuai dengan  Undang-Undang Keterbukaan Informasi Layanan Publik (KILP) dan segera bentuk Lembaga Pengawas Pelayanan Publik khususnya di Bidang Kesehatan.

“Tak hanya itu Kami pun meminta pihak rumah sakit tidak  menjadikan Pasien sebagai objek pendidikan kesehatan tanpa pendamping Profesional, tidak menjadikan Pasien hanya sebagai Objek Deposito potensial dan Komuditas Bisnis, berhenti  mendiskriminasikan pasien BPJS dan Umum serta Tingkatkan Profesionalisme dokter sesuai dengan Kode etik Kedokteran”, jelas Giant.

Sementara itu, Direktur RSUD Ciamis dr. Aceng Solahudin menjawab bahwa selama ini pihaknya telah berupaya untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Ciamis.

Namun hal itu terkendala dengan minimnya jumlah Dokter di RSUD Ciamis. Ia menyebut bahwa untuk peningkatan mutu pelayanan pasien selalu di utamakan.

“Pengawasan terhadap pelayananpu sering di lakukan, jika ada perawat ataupun dokter yang menyalahi aturan semua ada konsekuensi dan komitmennya. Termasuk dana fasilitas pelayanan publik sudah di audit oleh Inspektorat”, paparnya.

Ia memastikan bahwa hal ini akan segera diperbaiki dan menjadi tamparan keras serta bentuk introspeksi diri bagi rumah sakit ketika masyarakat mengeluh atas pelayanan yang di terima.

Reporter : Lilis Susilawati

Komentar

News Feed