Peringatan HAB ke-75 Tingkat Kabupaten Ciamis, Mengusung Tema “Indonesia Rukun”

Peringatan HAB ke-75 Tingkat Kabupaten Ciamis, Mengusung Tema “Indonesia Rukun”

CIAMIS, buletinindonesianews.com –
Kementerian Agama Kabupaten Ciamis menggelar Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-75 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Ciamis, acara tersebut berlangsung di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Selasa (05/01/2021).
 
Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya selaku inspektur upacara menyampaikan, peringatan HAB tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”, menurutnya tema tersebut sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju, tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa Indonesia agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Pengembangan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa, tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antar-umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing
pemeluk agama. 

“Dewasa ini, kita mengembangkan
moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita,” katanya.

Pengalaman membuktikan bahwa toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri, di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas, dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

“Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa
yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan
identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral,” ucapnya.

Menteri Agama juga mengingatkan
tentang semangat Kementerian Agama baru yang dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci antaralain, manajemen pelayanan dan tata kelola
birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah,
pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Penguatan moderasi beragama, salah
satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan
nilai-nilai kebangsaan.

“Persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa, setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” jelasnya.

Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya, semoga pengabdian saudara-saudara kepada negara, bangsa dan agama selalu mendapat ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Selamat memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, H. Asep Lukman Hakim, S.ag, M.si mengatakan, HAB itu untuk memperingati tonggak peristiwa penting dan mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah serta nilai-nilai kehidupan beragama, berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan HAB kali ini dengan mempedomani protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Pandemi ini tidak menyurutkan semangat untuk melakukan hal-hal yang baik, untuk memperingati HAB Kemenag ke-75 diantaranya penyemprotan ke beberapa rumah ibadah, dan memberikan sembako kepada pengurus rumah ibadah,” tuturnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung peringatan HAB tahun ini, untuk itu jadikan momentum ini untuk terus bermuhasabah dan melakukan perbaikan diri yang lebih baik lagi.

“Saya meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama Ciamis, berikanlah seluruh kemampuan yang dimiliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.” Pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN