oleh

Pertemuan Forum Anak Bangka Dibuka Bupati Mulkan SH MH

Sungailiat-Bangka, — Bupati Bangka Mulkan SH MH membuka kegiatan pertemuan Forum Anak Kabupaten Bangka tahun 2022, di Novila Boutique Resort Sungailiat Rabu (29/62022).

Dengan tema ”Bangkit Bersama Satukan Tekad Untuk Anak Indonesia” pertemuan Forum Anak Kabupaten Bangka tahun 2022 dihadiri, Sekertaris DP2KBP3A Provinsi Bangka Belitung Indra Wandi, Sekda Bangka Drs Andi Hudirman; Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3AP3KB) Kabupaten Bangka, Nurita, S.Sos ; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr.Then Suyanti MM; Sekertaris DP3AP3KB Kabupaten Bangka, R. Tati Reaningsih dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ir Meina Lina.

Bupati Bangka Mulkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka dan selaku Kepala Daerah menyambut baik dengan diselenggarakan kegiatan Forum Anak Kabupaten Bangka.

Dengan adanya kegiatan Forum Anak ini, kita memenuhi hak-hak dan memberikan perlindungan terhadap anak kita. Karena keberadaan Forum Anak, sebagai pelopor.

Artinya melalui keberadaan Forum Anak inilah yang akan memberikan suatu gagasan kepada Pemerintah Daerah, karena Forum Anak juga merupakan mitra Pemerintah Daerah, terutama dalam melaksanakan pembangunan dibidang pembinaan anak-anak di Kabupaten Bangka.

Mulkan juga mengatakan “Dengan keberadaan forum anak, akan dapat menfasilitasi anak-anak yang ada di Kabupaten Bangka, dalam hal pemenuhan hak-hak dan perlindungan terhadap anak di Kabupaten Bangka. Anak merupakan harta yang sangat berharga bagi kita, dan sesibuk apapun kita harus meluangkan waktu untuk bersama-sama dengan anak kita di rumah, karena mereka tidak cukup hanya kita manjakan dengan materi, tetapi juga perlu perhatian, kasih saying dari kita selaku orang tuanya,” pesan Mulkan.

Sedangkan Kepala DP3AP3KB Kabupaten Bangka, Nurita mengatakan, pertemuan Forum Anak Kabupaten Bangka merupakan kegiatan yang dilaksanakan yakni terkait dengan kegiatan sikronisasi pelaksanaan pendampingan kualitas hidup anak tingkat daerah Kabupaten Bangka tahun 2022.

Tujuan diselenggarakan kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanan pendampingan peningkatan kualitas hidup anak tingkat daerah Kabupaten Bangka tahun 2022, merupakan wadah partisipasi anak yang dikelola oleh anak anak sebagai media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi, suara, pendapat, keninganan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Juga sebagai tempat mengupayakan perlindungan anak dan memperjuangkan hak-hak anak. Dan tujuan lainya tempat anak-anak berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam proses pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.

“Kegiatan koordinasi sinkronisasi pelaksanan pendampingan peningkatan kualitas hidup anak, tahun 2022 dilaksanakan di Novila Boutique Resort Sungailiat tanggal 29 Juni 2022 selama satu hari,” Jelasnya.

Dikatakanya, peserta kegiatan, sebanyak 100 orang perserta, terdiri dari SMP/MTS dan SMA/MAN di delapan Kecamatan.

“Nara sumber yakni Bupati Bangka, Mulkan SH MH; Kepala DP2KBP3A Provinsi Bangka Belitung; Kepala DP3AP3KB Kabupaten Bangka, Nurita dan Kabid Perlindungan Anak DP3AP3KB Kabupaten Bangka.” katanya.

(WAWAN)