Polres Ciamis Siapkan 550 Personel Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polres Ciamis Siapkan 550 Personel Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Kapolre Ciamis, AKBP Donny Eka Putra Siapkan 550 Personel Untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 Polres Ciamis menerjunkan 550 personel, hal tersebut disampaikan Kapolres Ciamis, AKBP Donny Eka Putra setelah acara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Mapolres Ciamis, Senin (21/12/2020).

Gelar Pasukan Apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin-2020”, juga dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Kapolres Ciamis, AKBP Donny Eka Putra setelah acara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Mapolres Ciamis, persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru

Dijelaskannya, adanya Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, aktivitas masyarakat akan mengalami peningkatan dan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, untuk mengantisipasi hal tersebut Polres Ciamis menerjunkan 550 personel.

“Untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru 202, kami menerjunkan 550 personil ditambah 120 personil gabungan dari TNI serta instansi terkait,” katanya.

Dijelaskan Donny, pihaknya juga akan mengikuti instruksi dari Kapolri, Jenderal Polisi Idham Aziz untuk menggelar Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai (21/12/2020) sampai (04/12/2021), dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Dalam melaksanakan kegiatan tersebut kami tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” jelasnya.,

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri,15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya, para personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan.

“Para personel itu bertugas melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun terminal, bandara, pelabuhan,” ungkapnya.

Donny juga menyampaikan amanat dari Kapolri, Jenderal Polisi Idham Aziz, dalam amanat tersebut diantaranya ada beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan Apel tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan, untuk apel di halaman Polres Ciamis yang dihadiri juga oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, sedangkan peserta apel terdiri dari jajaran Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dinas Perhubungan dan BPBD Kabupaten Ciamis – Pangandaran.

(Nank)

Admin BIN