Polres Ciamis, Tangkap Illegal Logging di Pangandaran

Polres Ciamis, Tangkap Illegal Logging di Pangandaran

Buletin Indonesia News,

Pangandaran — Warga Pangandaran Jun Bin Suhri (48) yang diduga merugikan Perhutani mencapai Rp1.224.419.000 akibat perbuatannya melakukan penebangan liar (Illegal Logging) di Petak 7A RPH Cisaladah BKPH Pangandaran KPH Ciamis, akhirnya ditangkap Polisi, sementara tiga rekannya, Cece, Idis dan Asep Daryanto yang kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kayu gelondongan hasile Illegal logging yang di amankan Polres Ciamis

Hal itu diungkapkan Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.I.K., M.H.  didampingi Kasat Reskrim, AKP Risqi Akbar, Kasat Narkoba, AKP Darli dan Kabag Humas, Ipda Hj. Iis Yeni Idaningsih dalam Konferensi Pers di Halaman Mapolres Ciamis, Jumat (06/12/2019).

Dikatakan Kapolres, pelaku illegal logging ditangkap berdasarkan laporan dari Perum Perhutani, bahwa kawasan hutan lindung yang akan digunakan sebagai hutan konservasi untuk mencegah longsor, banjir serta sebagai resapan air di daerah Parigi dan Langkaplancar mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Laporan tersebut ditindaklan juti, kami melakukan penangkapan terhadap tersangka dan mengamankan barang bukti, ini sudah sesuai dengan UU No. 18 Tahun 2013 tentang pencengahan dan pemberantasan perusakan hutan,” jelasnya.

Barang Bukti yang diamankan satu unit mesin Chain Shaw merk New Wes warna orange putih, satu unit sepeda motor merk Yamaha vega warna merah, satu unit motor Yamaha vega hitam silver, satu unit sepeda motor honda GL 160 D, tujuh puluh tiga batang pohon rimba campur yang diambil dari petak 7A, empat puluh enam  batang pohon rimba campur yang diambil dari petak 5B, 5C1 dan 5C2.

Untuk mempertanggung jawakan atas perbuatannya melanggar pasal 12 huruf (b) jo pasal 82 ayat (1) huruf (b) UU RI Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun denda paling sedikit Rp. 500 juta rupiah dan paling banyak Rp. 2.5 miliar.

(Asjen)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: