oleh

PPKH Kecamatan Panumbangan Siap Sukseskan Program PKH di Tahun 2021

buletinindonesianews.com
CIAMIS, Jabar — Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program nasional yang dimulai sejak tahun 2007. Program tersebut dibuat dalam rangka meningkatkan rumah tangga sangat miskin (RTSM) supaya menjadi sejahtera dan memutus mata rantai kemiskinan, untuk merealisasikan tujuan program tersebut, maka dibuat Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) yang ada di pusat, propinsi, kabupaten dan kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator PKH Kecamatan Panumbangan, Muhammad Gojali, S. Pd. dalam acara Rapat Koordinasi PKH Tingkat Kecamatan Panumbangan
di Aula Kantor Kecamatan Panumbangan, Senin (02/08/2021).

Menurutnya, PPKH Kecamatan Panumbangan sebagai wadah dalam merealisasikan tujuan PKH tersebut senantiasa harus berbenah dan berusaha mensuskseskan berbagai program PKH yang telah diagendakan oleh pusat, untuk itu pihaknya ingin mensukseskan program PKH di tahun 2021 dengan mengoptimalkan bisnis proses PKH yaitu validasi calon penerima PKH, verifikasi fasilitas kesehatan dan pendidikan, pemutakhiran data, penyaluran bantuan sosial PKH dan koordinasi lintas sektoral.

“Untuk mencapai tujuai itu kita harus mengerahkan berbagai potensi, sumber daya dan modal sosial yang dimiliki oleh pendamping sosial PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan berbagai steakholder yang ada di Kecamatan Panumbangan ini,” katanya.

Sementara itu, salah satu Pendamping Sosial PKH yang ada di Kecamatan Panumbangan, Yosep Mardiana, S. Hum., M. Pd. mengungkapkan, dalam rangka mensukseskan program PKH tersebut maka harus dibuat berbagai strategi dan pendekatan program, mulai dari managemen sumber daya manusia (SDM) PKH, rencana program dan evaluasi program tersebut. Managemen SDM PKH Kecamatan Panumbangan dibagi berdasarkan desa dampingan masing-masing dengan jumlah KPM PKH antara 250-300 orang.

“Untuk mencapai tujuan itu dibuat team kreatif yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi masing-masing pendamping mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan dan media informasi,” ucapnya

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam pengaturan program PKH sekaligus menselaraskan dengan program PKH yang diusung oleh PPKH Kabupaten Ciamis dengan tujuh skema program mulai dari team pendidikan (Avengers),  team multimedia (Pesada Production), team literasi, PKH online, team PKH Shop, kesehatan (Sehaty), team peternakan, pertanian dan perikanan (Tentatipe).

“Rencana program yang akan dilakukan adalah dengan mengoptimalkan bisnis proses PKH, pemberdayaan KPM PKH sesuai dengan potensi diri dan wilayah yang dimilikinya dan advokasi program PKH,” ungkapnya.

Diantara program pemberdayaan KPM PKH yang dilakukan adalah dengan membuat program pembiasaan di bidang kebersihan, keagmaan, pertanian dan perdagangan.

“Program pembiasaan bidang kebersihan dengan melakukan kegiatan jum’at bersih, bidang keagamaan dengan menghimbau KPM PKH supaya mengikuti kegiatan pengajian dan program keagamaan yang ada di wilayah masing-masing, untuk bidang pertanian kita membuat program tanaman pekarangan rumah diantaranya menanam 10 poly bag sayuran, 10 poly bag tanaman obat keluarga (toga) dan 10 poly bag berbagai jenis bunga serta kebun kelompok (Pembentukan Kelompok Wanita Tani KPM PKH ),” jelasnya.

Selain itu lanjut Yosep, advokasi program PKH yang dilakukan diantaranya adalah melakukan kerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bina Pandu Mandiri dalam rangka memberikan akses pendidikan persekolahan paket B dan C anak KPM PKH, melakukan kerjasama dengan berbagai kampus diantaranya STIMIK DCI Tasikmalaya, STIMIK IKMI Cirebon, Universitas Galuh, agar anak-anak KPM PKH bisa melanjutkan pendidikan sampai dengan perguruan tinggi, berkoordinasi dengan pemerintahan setempat atau steakholder terkait dalam rangka pengembangan potensi, minat dan bakat KPM PKH.

“Untuk program di bidang perdagangan yaitu dengan mengelompokkan KPM PKH yang suka berdagang sesuai dengan jenis komoditi, pelatihan produksi, pengemasan dan pemasaran produk, PKH online dan PKH shop,” ujarnya.

Pihaknya juga akan melaksanakan evaluasi program PKH Kecamatan Panumbangan dengan melakukan rapat koordinasi SDM PKH tingkat Kecamatan sampai pusat, juga rapat koordinasi dengan pemerintahan setempat dan steak holder terkait.

“Dengan adanya program PPKH Kecamatan tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam rangka mewujudkan tujuan PKH yaitu memutus mata rantai kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan KPM PKH menjadi lebih baik serta mencapai graduasi sejahtera,” pungkasnya.

(Nank Irawan**)

News Feed