Semua Stake Holders Kerjasama, Berikan Sosialisasi, Edukasi Dalam Penanggulangan Bahaya HIV/AIDS

Semua Stake Holders Kerjasama, Berikan Sosialisasi, Edukasi Dalam Penanggulangan Bahaya HIV/AIDS

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menghadiri acara Promosi Bulan Test HIV Pada Ibu Hamil Kabupaten Ciamis, Selasa, (17/11/20220) di Gedung PKK Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, secara Nasional termasuk di Ciamis HIV merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan, penyakit tersebut dapat menular dan sampai saat ini belum ada obatnya, oleh karena itu penanggulangan masalah HIV adalah tanggungjawab bersama.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya

“Sesuai Visi Misi Kabupaten Ciamis masyarakat ingin sehat lahir batin, untuk itu dalam penanggulangan HIV bukan hanya tanggungjawab steak holder terkait tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama,” katanya.

Menurutnya, Penularan HIV itu tidak hanya kepada orang dewasa, tidak mengenal jenis kelamin, bahkan anak usia SMP pun bisa terjangkit virus tersebut, dan salah satu penularan virus itu melalui prilaku sex bebas, pihaknya menghimbau agar mensosialisasikan, memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya perilaku sex bebas.

Ketua Kesekretariatan KPA Kabupaten Ciamis, Andi Ali Fikri

“Sebagai orang tua kita merasa tabu, riskan untuk memberikan pemahaman, sosialisasi dan edukasi terhadap anak akan bahaya perilaku sex bebas,” jelasnya.

Dikatakannya, selain itu adanya lesbi gay bisex dan transgender (LGBT) mengancam kehidupan anak-anak, bukan hanya di perkotaan saja tetapi LGBT sekarang sudah merambah ke desa-desa untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat harus mengawasi pergaulan anak-anaknya.

“Kita harus lebih hati-hati dan selalu mengawasi pergaulan anak kita, walaupun teman anak kita sejenis tetapi tidak menutup kemungkinan hubungan sesama jenis terjadi,” tegasnya.

Bupati mengungkapkan, para pekerja, relawan dalam KPA dan komunitas dalam masalah ini bekerja untuk menanggulangi masalah HIV AIDS dalam hal ini semua steak holder harus turut serta membantu penanggulangan HIV AIDS di Ciamis.

“Semua stake holder harus bekerja sama, bahu membahu, kompak dalam memberikan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat, agar penularan HIV/AIDS di Ciamis tidak terus meningkat,” harapnya.

Ketua Kesekretariatan KPA Kabupaten Ciamis, Andi Ali Fikri mengatakan, acara tersebut merupakan kegiatan awal KPA Kabupaten Ciamis untuk konsolidari dengan semua steak holderyang ada dalam mempromosikan bulan test HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

“Dengan pertemuan stake holder ini bergerak tidak hanya satu sektor tetapi semua sektor harus bergerak agar HIV/AIDS di Ciamis bisa dikendalikan,” ucapnya.

Dikatakan Andi, selain mengendalikan penularan HIV/AIDS lebih khusus lagi untuk mempromosikan bulan test HIV/AIDS untuk ibu hamil di 5 puskesmas kecamatan, yang akan diseleggarakan dari tanggal 18/11/2020 – 18/12/2020.

“Kami harap dengan pertemuan stake holder ini nantinya KPA akan terus bersinergi, berkolaborasi dengan tingkatan SKPD, Dinas Teknis, LSM dan OKP sehingga penanggulangan HIV /AIDS di Kabupaten Ciamis dapat di kendalikan,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN