oleh

Tak Lagi Jadi Panglima TNI, Kesempatan Berpolitik bagi Gatot Nurmantyo Terbuka Lebar

Buletin Indonesia News

Jakarta,– Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera diganti. Presiden Joko Widodo menyerahkan nama Kepala Staf TNI Angakatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon penglima yang baru.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan surat pengajuan tersebut kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Senin (04/12/17) kemarin. Menurut Fadli, Jenderal Gatot akan diberhentikan dengan hormat.

“Dalam surat juga disampaikan keinginan untuk bisa diproses dalam waktu yang tidak lama,” kata Fadli. Surat itu akan dibahas dalam rapat Badan Musyarawah DPR, setelah rapat pimpinan.

Selanjutnya akan diagendakan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Pengganti Gatot diharapkan akan disahkan sebelum masa sidang DPR berakhir pada 13 Desember 2017.

“Kami harapkan sebelum reses pada masa sidang ini. Tapi nanti kami koordinasikan dengan pimpinan Komisi I dan fraksi-fraksi untuk agenda uji kelayakan dan kepatutan,” kata Fadli.

Jenderal Gatot sendiri menyerahkan proses pergantian panglima TNI kepada Presiden Jokowi. “Yang lebih tahu bukan Saya. Yang lebih tahu Presiden,” ungkapnya.

Gatot menambahkan tidak ingin mencampuri keputusan Presiden memilih panglima. “Karena presiden yang akan menggunakan panglima yang menggantikan saya,” kata dia.

Ia berharap panglima yang akan menggantikannya bisa mengemban tugas sesuai kebutuhan Presiden Jokowi. “Presiden yang menggunakan berdasarkan tantangan tugas ke depan,” pungkas Gatot.

Sumber : BBC

Komentar

News Feed