Total Penambahan Covid dikota Banjar Sebanyak 53 Kasus, Termasuk Bayi Berusia 1 Tahun

Total Penambahan Covid dikota Banjar Sebanyak 53 Kasus, Termasuk Bayi Berusia 1 Tahun

BINews

Banjar, – Drastisnya lonjakan penambahan pasien terkonfirmasi positif hari ini menambah daftar panjang pekerjaan gugus tugas dalam melakukan tracking dengan orang yang memiliki kontak erat.

Dr Ika, kepala Puskesmas
Pataruman 1

Untuk penambahan kasus kali ini, semuanya berasal dari kontak erat dengan pasien. Mirisnya, seorang bayi perempuan berusia satu tahun asal kelurahan Muktisari kecamatan Langensari turut terpapar virus dan dinyatakan terkonfirmasi positif dan menjalani isolasi bersama sang ibu yang sudah lebih awal terkonfirmasi di RSUD kota Banjar.

Atas penambahan 7 kasus terkonfirmasi tersebut, kini satgas penanggulangan covid merilis 53 kasus covid dengan rincian 13 kasus positif aktif, 39 kasus positif yang telah sembuh dan 1 kasus meninggal.

Tidak dapat dipungkiri, minimnya kesadaran masyarakat atas penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu pemicu penyebaran virus covid-19. Salah satu pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif diduga bahkan jarang menggunakan masker saat beraktivitas sehingga resiko terpaparnya tinggi.

Dr ika Rika Ruhantika, kepala puskesmas Pataruman 1 yang ditemui disela-sela tracing kasus pasien terkonfirmasi di wilayah kelurahan Hegarsari mengatakan bahwa masyarakat harus menanamkan kesadaran pada dirinya sendiri dalam menjalankan protokol kesehatan disetiap aktivitasnya.

“masih banyak warga yang bandel enggan mengenakan masker saat beraktivitas dan jarang cuci tangan mengakibatkan rentan terpapar dan memaparkan juga kepada orang lain. Hal ini sangat disayangkan dimana kami dari garda terdepan berupaya terus memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus,” urainya.

Petugas medis dari puskesmas Pataruman 1 bersama gugus tugas hari ini melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien asal kelurahan Hegarsari.

“ada tujuh orang yang kami swab hari ini dan semuanya merupakan anggota keluarga yang sebelumnya sempat memiliki riwayat kontak dengan pasien. Sebelum hasil swab keluar, kami menghimbau agar mereka menjalani isolasi mandiri dan jangan dulu beraktivitas diluar rumah,” kata dr Ika mengakhiri.

(Susi)

Admin BIN