Kampung Siaga Covid-19, di Kota Depok Sudah Terbentuk 80,2 %

Kampung Siaga Covid-19, di Kota Depok Sudah Terbentuk 80,2 %

Buletin Indonesia News,

Depok, — Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengklaim pihaknya telah membentuk 741 Kampung Siaga Covid-19 berbasis RW di Kota Depok. Jumlah itu merupakan 80,2% dari total 924 RW yang tersebar di 11 Kecamatan.

“Sejak dideklarasikan tanggal 2 April 2020, sampai hari ini sudah terbentuk 741 Kampung Siaga Covid-19 dari total RW lebih kurang 924 RW di seluruh wilayah Kota Depok atau sudah terbentuk 80,2%,” kata Idris lewat keterangan resmi kepada Media

Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 dibentuk berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 02 Tahun 2020 tentang Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 dan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 443/166-Huk/DPKP tentang Pembentukan Gugus Tugas pada 2 April lalu

Lewat instruksi dan surat edaran itu, penanganan penyebaran Covid-19, kata Idris, dilakukan dengan melibatkan partisipasi warga, mulai level RW bekerjasama dengan satgas siaga, petugas kesehatan, keamanan, logistik dan humas.

Idris lewat Kampung Siaga mengatakan telah mengalokasikan anggaran senilai Rp3 juta kepada setiap RW dalam menangani dan menekan jumlah penyebaran Covid-19 di Kota Depok.

Katanya, pembentukan Kampung Siaga Covid-19 juga menjadi alternatif lain selagi pihaknya mengkaji kemungkinan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020.

Saat ini, Idris mengaku masih mengkaji kemungkinan Pemkot Depok bakal menerapkan PSBB. Pihaknya lewat Tim Gugus Covid-19 sudah melibatkan sejumlah tim ahli dan praktisi mengkaji hal tersebut.

“Saat ini Gugus Tugas Kota Depok dengan para praktisi dan ahli sedang melakukan kajian mendalam secara cepat, terhadap semua indikator yang diamanatkan dalam UU dan PMK tersebut,” katanya.

(TN/*)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: