oleh

Warga Manfaatkan Limbah dari TPA Sebagai Pupuk

Buletin Indonesia News

Banjar,– Disebagian Daerah mungkin sampah menjadi kendala, tapi tidak di Dusun Babakan Desa Ciberem Kecamatan Balokang Kota Banjar. Sampah tidak menjadi persoalan, salah satunya pengelolahan sampah di TPA Kota Banjar, warga sering  manfaatkan sampah tersebut untuk menjadi pupuk tanaman, Jum’at (20/10/17).

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menjadi tempat pengelolahan sampah yang dikirim dari setiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dari Daerah diperkotaan. Ditempat ini sampah dikelola dengan alat khusus yang nantinya bertujuan agar tidak mengganggu masyarakat, tapi menjadi bahan yang bermanfaat.

“Kurang lebih ada sebanyak 30 sampai 40 ton sampah Organik atau Anorganik yang dikirim ke TPA ini dari setiap TPS yang nanti nya dikelola kembali / di hancurkan,” ungkap Yoyo Kepala TPA Kota Banjar.

Meski kebanyakan sampahnya yang berjenis residu namun pengelolahan di TPA  juga mengutamakan sampah organik yang di daur ulang sehingga bermanfaat untuk di jadikan pupuk. Bahkan warga sering datang kesini (TPA) untuk meminta limbah, dan warga memanfaatkan limbah tersebut untuk di pergunakan menjadai pupuk tanaman. Untuk sampah pelastik yang ada di TPA semua itu di kelola dengan mesin penghancur supaya tidak menumpuk.

Reporter : Dayu Septian

Komentar

News Feed