oleh

Workshop Kikan Interior Kian Berkembang Setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Buletinindonesianews.com

Bangka Tengah, Babel — Berawal dari melihat tutorial dari youtube zainal terus mengasah kemampuannya untuk menggeluti dunia design interior. Kala itu sekitar tahun 2015 silam, dimana design interior belum sefamiliar sekarang.

Zainal mencoba mengimplementasikan apa yang dipelajarinya di youtube yang dimulai dari rumahnya sendiri. Dirinya mulai membuat beberapa produk seperti meja custom, mini bar dan berbagai interior lainnya di dalam rumah.

“Waktu itu buka internet masih pakai modem, saya coba-coba liat video di youtube lalu saya buat untuk di rumah saya. Pas banjir 2016, ternyata apa yang saya buat ini tidak rusak artinya dari sisi kualitas bagus karena ini kan bukan dari kayu,” kata Zainal yang merupakan Owner Kikan Interior.

Setelah itu, istrinya Resi Utama mulai menawarkan apa yang menjadi keahlian suaminya kepada rekan-rekannya untuk membuat design interior baik untuk rumah pribadi maupun instansi.

Sejak itulah pasangan suami istri ini mulai mengembangkan usaha design interior yang mereka beri nama Kikan Interior.

Gayung bersambut, ternyata banyak rekan-rekan yang tertarik untuk membuat furniture custom sesuai keinginan konsumen. Usahanya pun kian berkembang, semakin banyak pesanan yang datang.

“Kami terbilang yang pertama untuk di Bangka Tengah membuka usaha design interior ini. Waktu itu, masih agak takut-takut nawarin ke customer karena kan belum semua orang tau dengan kualitas yang kami tawarkan harganya tentu tidak murah,” cerita Resi.

Seiring dengan semakin trend dan pahamnya masyarakat tentang design interior, tentunya ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi mereka. Pesanan terus berdatangan mulai dari menata kamar, dapur, dan beberapa ruangan.

“Awalnya suami bekerja sendiri, sekarang sudah ada lima tenaga kerja yang membantu karena memang Alhamdullillah banyak konsumen yang repeat order lagi. Pesanan dari instansi maupun pribadi. Sekarang orang sudah mulai banyak yang mau dapurnya rapih, nyaman sehingga mulai banyak yang menggunakan design interior,” ujarnya.

Resi menyebutkan, semula mereka hanya memiliki satu workshop yang terbilang hanya pas-pasan, dengan semakin banyak pesenan ini rasanya mereka perlu mengembangkan workshop. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menjadi mitra binaan PT Timah Tbk untuk mengembangkan usahanya.

“Tadinya workshopnya masih sederhana banget dan belum terlalu besar, pesenan mulai banyak otomatis kami butuh modal juga. Karena kan kita butuh tabungan untuk beli bahan-bahan. Tahun 2020 itu kami mulai menjadi mitra binaan PT Timah Tbk untuk mengembangkan usaha,” katanya.

Dari modal ini, mereka mulai mengembangkan workshop menambah bangunan dan mulai membuat galeri sehingga memudahkan konsumen untuk melihat beberapa produk yang sudah mereka buat.
“Sekarang Alhamdullillah workshop sudah makin besar, kita juga lagi buat gallery dari modal yang dipinjamkan PT Timah Tbk. Workshopnya sekarang sudah dari rangka baja sehingga ini juga membuat konsumen juga semakin percaya dengan kita,” ujarnya.

Menanggapi persaingan bisnis yang berkembang, Ia menyebutkan pihaknya terus berinovasi diantaranya menawarkan design jasa 3D bagi calon konsumen. Sehingga, konsumen merasa lebih puas dengan produk yang nantinya akan dipasang.

“Bagi kami kualitas dan servis konsumen itu yang kami utamakan, makanya kami terus memberikan yang terbaik dengan inovasi seperti memberikan jasa design 3D,” ujarnya.

Menurutnya, tak mudah memang berada di titik ini dalam mencapai kesuksesan usaha, namun mereka banyak bersyukur atas apa yang telah diraih saat ini.

“Tantangan tentu ada, yang penting kami jalani dan terus bersyukur. Kami juga berterimakasih kepada PT Timah Tbk yang telah membantu kami dalam mengembangkan usaha. Karena memang kami butuh modal agar bisnis ini tetap berjalan,” ujarnya.

“Semoga PT Timah Tbk tetap membantu UMKM seperti ini, karena memang modal ini sangat dibutuhkan dan semoga PT Timah semakin jaya sehingga semakin banyak UMKM yang terbantu,” tutupnya.

Bagi anda yang penasaran dengan design interior yang diproduksi oleh Kikan Interior bisa mengunjungi akun Instagram @kikan_interior atau mendatangi langsung workshopnya di Gang Sekip, Jalan Raya Koba, Bangka Tengah.

*

News Feed